Jumat, 5 Juni 2020

5 Cafe Racer Terkeren di Dunia

- 15 September 2017, 05:32 WIB

CAFE racer adalah salah satu aliran modifikasi yang tengah digemari di dunia modifikasi sepeda motor di tanah air. Aliran ini sudah dikenal di Indonesia sejak belasan tahun lalu. Kondisi yang melatarbelakangi lahirnya modifikasi ini seolah cocok dengan kondisi jalanan di Indonesia, khususnya daerah perkotaan. Mulai dari jalanan yang sempit, bergelombang dan beberapa macam rintangan yang menuntut pengendara dapat bermanuver dengan lincah.

Selain itu, modifikasi ini berkiblat makin ramping maka tampilan motor akan semakin baik pula citranya. Tentunya ini sangat cocok dengan postur tubuh pria di Indonesia yang tidak begitu tinggi besar. Bagi mereka yang berkantong tebal bisa saja langsung meminang motor beraliran cafe racer keluaran terbaru dari pabrikan motor ternama. Di Indonesia masuk melalui mekanisme 'built-up', praktis harganya pun relatif mahal. 

Berikut adalah daftar 5 cafe racer versi produksi massal terkeren di dunia versi laman Visordown:

1. Triumph Thruxton dan Thruxton R

Triumph Thruxton dan Thruxton R adalah model yang menggantikan Triumph Thruxton 900 dengan mesin berpendingin cair berkapasitas 1.200 cc. Jika model standar, Triumph Thruxton, menggunakan fork konvensional dan fixed disc, sementara Thruxton R telah mendapat upgrade suspensi belakang Ohlins dengan upside-down Showa USD dan rem depan kaliper radial dengan floating disc keluaran Brembo.

Dapur pacunya menggunakan mesin berkapasitas 1.200cc SOHC four stroke twin yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 97 bhp pada putaran mesin 6.750 rpm dan torsi maksimum sebesar 112 N-m pada putaran 4.950 rpm.

2. BMW R NineT Racer

BMW R NineT Racer adalah salah satu dari dua iterasi terbaru motor retro bermesin boxer, model lainnya yakni R nineT Pure. Racer telah mengaplikasikan frame-mounted half-fairing, seat hump and rear-set, mengingatkan kita pada motor sport keluaran 1970-an yakni BMW R90S. Motor ini menggunakan mesin boxer twin-engine, berpendingin udara berkapasitas 1.170 cc yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 110 hp dan telah mengantongi standar limit emisi Euro4.

Uniknya, motor telah berbagi tubular steel frame 'modular' - front main frame, rear main frame dan removable pillion frame yang memungkinkan motor dapat dikustomisasi. BMW Motorrad juga telah membenamkan fitur traksi kontrol yang mereka namai Automatic Stability Control, yang hadir sebagai opsi, sementara fitur ABS adalah standar.

3. Ducati Scrambler Café Racer

Scrambler terbaru besutan Ducati yakni Ducati Scrambler Café Racer banyak mengambil inspirasi aliran modifikasi yang berkembang di Kota London, Inggris pada 1960-an yakni cafe racer. Pertama kali diperkenalkan ke publik di ajang pameran motor terkemuka di dunia yaitu EICMA show yang digelar di Kota Milan, Italia pada 2016.

Skema warna yang digunakan adalah 'Black Coffee' dan sentuhan lainnya seperti kaca spion yang terpasang di pinggir stang model clip-on bar, pelat nomor, nose fairing, dan stubby mudguard. Juga telah didukung pelek berdiameter 7-inci berwarna keemasan yang dipasangkan dengan ban Pirelli Diablo Rosso II. 

Halaman:

Editor: Toni Irawan


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X