Awas Tertipu, Kenali Ciri-Ciri Helm Palsu Berikut Ini

- 7 April 2021, 18:24 WIB
SIMAK spesifikasi dari helm dengan bahan carbon buatan dalam negeri bernama Jericho FF 1400 Retro R /Instagram.com/@jerichohelmetsid

PIKIRAN RAKYAT - Helm merupakan peranti penting saat akan mengendarai sepeda motor. Pasalnya, helm berfungsi untuk mengurangi resiko cedera kepala apabila terjadi kecelakaan.

Namun saat ini, banyak beredar helm palsu dipasaran yang mengatasnamakan brand tertentu. Tentu helm palsu tersebut tidak dapat menjamin kemampuan dan kekuatan dibanding dengan produk asli.

Untuk itu, General Manager Cargloss Helmet, Endin Nasrudin memberikan penjelasan bagaimana mengenali helm palsu. Pasalnya, dikatakan Endin bila Cargloss juga jadi korban pemalsuan helm yang kini banyak beredar di masyarakat.

Baca Juga: Selama Satu Tahun BP2MI Tercatat Pulangkan 760 Jenazah Pekerja Migran ke Indonesia

Baca Juga: Porto vs Chelsea: Thomas Tuchel Ceritakan Perkelahian 2 Pemain Jelang Liga Champions

"Banyak memang beredar saat ini helm-helm palsu. Namun kalau diteliti, pasti bisa dikenali mana helm asli dan mana yang palsu," papar Endin saat konfrensi pers secara virtual, Rabu, 7 Maret 2021.

Endin menjelaskan, salah satu cara untuk mengenali apakah helm yang akan dibeli asli atau palsu bila dilihat dari fisiknya yaitu pada bagian stiker yang ada dibagian belakang. Kalau mudah terlepas, kemungkinan helm tersebut palsu.

"Kalau Cargloss sudah dilindungi dengan decal dan clear coat. Jadi stikernya tidak mudah untuk dilepas seperti yang terjadi pada helm palsu yang penggunaan stiker brandnya ada di luar clear coat sehingga mudah terkelupas," jelas Endin.

Selain itu, dari bahan material yang digunakan juga berbeda. Helm palsu disebut Endin cenderung menggunakan material yang murah. Seperti pada bagian styrofoam dibagian dalam.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X