Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sebagian berawan, 20.8 ° C

Jelajah Nyaman dan Irit All New Ertiga Tembus 33,45 Km/Liter

Asep Budiman

KERATON Kasepuhan menjadi salah satu destinasi jelajah irit Ertiga.*/ASEP BUDIMAN/PR
KERATON Kasepuhan menjadi salah satu destinasi jelajah irit Ertiga.*/ASEP BUDIMAN/PR

BEKASI, (PR).- Kenyamanan dan efisiensi menjadi penting agar road trip bersama keluarga terasa lebih menyenangkan. Salah satu kendaraan yang cocok digunakan untuk road trip bersama keluarga adalah Suzuki All New Ertiga.

Hal itu sudah dibuktikan oleh ribuan keluarga yang telah memilih MPV andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang menerapkan konsep AMIN yaitu aman, mewah, irit, dan nyaman. Konsep AMIN yang hadir melalui fitur-fitur All New Ertiga memberikan pengalaman terbaik saat berkendara, baik jarak dekat maupun jauh.

Untuk kembali meyakinkan masyarakat Indonesia, PT SIS mengajak sejumlah jurnalis melakukan road trip ke Cirebon dalam kegiatan “All New Ertiga Tripventure”. Selain membuktikan kenyamanan berkendara, juga menguji keiritan bahan bakar minyak (BBM).

Tujuh unit All New Ertiga disiapkan yang terdiri atas 2 unit All New Ertiga bertransmisi manual dan 5 unit All New Ertiga bertransmisi otomatis. Pada perjalanan ini, Suzuki mengadakan lomba Ertiga irit di mana peserta ditantang untuk mengendarai All New Ertiga, yang bermesin K15B DOHC 1.500 cc, dengan metode eco driving untuk mengukur ketepatan waktu dan efisiensi bahan bakar, tetapi tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Berbagi trik

Perjalanan “All New Ertiga Tripventure” dimulai dari pabrik Suzuki Cikarang. Sebelum berangkat, rekan-rekan jurnalis berkesempatan berkeliling pabrik dan mengikuti workshop eco driving. Pada workshop tersebut, Suzuki berbagi tip dan trik tentang cara berkendara yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan. 

Berkendara dengan metode eco driving dapat dilakukan oleh seluruh pengendara untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Untuk mengefisiensikan bahan bakar, pengendara perlu melakukan beberapa hal seperti menjaga kecepatan agar tetap konstan dan mengurangi akselerasi dan deselerasi, menggunakan air conditioner (AC) secara tepat, memperhatikan tekanan udara pada ban, memanaskan mesin dengan tepat, tidak membiarkan mesin menyala pada kondisi diam (idle) dengan waktu yang lama, serta tidak membawa beban yang melebihi daya angkut kendaraan.

Tujuan wisata pertama yang dikunjungi oleh peserta “All New Ertiga Tripventure” adalah Marina Seafood Restaurant, Cirebon. Untuk menuju destinasi ini, peserta “All New Ertiga Tripventure” melalui jalur tol Palimanan dengan jarak perjalanan sejauh 172 km. 

“Pada kegiatan All New Ertiga Tripventure ini kami juga ingin mendukung program pemerintah dalam peningkatkan efisiensi energi bahan bakar lewat eco driving. Kami berharap Suzuki bersama rekan-rekan jurnalis dapat mengedukasi masyarakat untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar tidak terbarukan serta mengefisiensikan penggunaan bahan bakar terutama untuk mobil-mobil yang sudah dimiliki oleh konsumen,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, Rabu, 29 Agustus 2019.

Lomba irit

Setelah menikmati hidangan laut khas Cirebon, perjalanan “All New Ertiga Tripventure” serta Lomba Ertiga Irit berlanjut ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan merupakan keraton termegah di Cirebon yang kental akan nilai sejarah. Di sini, peserta berkesempatan mengeksplorasi tampilan All New Ertiga yang premium dan stylish dalam lomba foto dan video dengan latar Keraton Kasepuhan Cirebon.

Lomba Ertiga irit berakhir di Keraton Kasepuhan. Setelah menempuh perjalanan dari Cikarang hingga Keraton Kasepuhan sejauh 184 km, konsumsi bahan bakar kedelapan mobil peserta “All New Ertiga Tripventure” dinilai dengan metode full-to-full. Mobil dengan angka konsumsi bahan bakar paling rendah dinobatkan menjadi juara Lomba Ertiga Irit. 

Catatan hasil kilometer per liter All New Ertiga Tripventure dengan rute Cikarang-Cirebon (Keraton Kasepuhan) berjarak 184 km. Posisi terbaik kategori manua dengan waktu tempuh 3 jam 23 menit mencapai 33,45 km/liter dengan konsumsi BBM 5,5 liter pertamax. Sementara posisi terbaik kategori otomatis dengan waktu 2 jam 54 menit dan 29,67 km/liter, serta konsumsi BBM 6,2 liter pertamax.

Sebelum mengakhiri perjalanan “All New Ertiga Tripventure”, peserta berkesempatan untuk berkunjung dan berbelanja di Kampung Batik Trusmi, sebuah pusat industri batik di Cirebon. Batik Cirebon merupakan salah satu ikon batik yang berhasil menjadi koleksi kain nasional. Batik Cirebon memiliki beberapa desain batik Cirebonan Klasik yang hingga kini masih dikerjakan oleh pengrajin di Kampung Batik Trusmi, seperti Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris, Patran Kangkung, dan berbagai desain Batik Cirebon lainnya. “All New Ertiga Tripventure” berakhir dengan kembali berkendara menggunakan All New Ertiga menuju Jakarta.***

Bagikan: