Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Umumnya cerah, 25.9 ° C

Jabar Incar Juara Kontes Mekanik Nasional

Asep Budiman
PT Daya Adicipta Motora (DAM), diler utama sepeda motor dan suku cadang Honda Jawa Barat, menyeleksi mekanik dan service advisor melalui Honda West Java Technical Skill Contest 2019.*/ASEP BUDIMAN/PR
PT Daya Adicipta Motora (DAM), diler utama sepeda motor dan suku cadang Honda Jawa Barat, menyeleksi mekanik dan service advisor melalui Honda West Java Technical Skill Contest 2019.*/ASEP BUDIMAN/PR

BANDUNG, (PR).- PT Daya Adicipta Motora (DAM), diler utama sepeda motor dan suku cadang Honda Jawa Barat, menyeleksi mekanik dan service advisor melalui Honda West Java Technical Skill Contest 2019. Para pemenang akan menjadi wakil Jabar sekaligus ditargetkan menjadi juara nasional pada kontes mekanik tingkat nasional yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) di Kota Semarang pada 19 – 21 Agustus 2019 mendatang.

Acara kompetisi tahunan untuk mekanik dan service advisor (SA) ini digelar selama dua hari, 22–23 Juli 2019 di Gedung Learning Center PT DAM, Jalan Cibeureum No. 26, Bandung. Babak pertama penyisihan digelar sejak bulan April lalu yang diikuti 3.571 mekanik dan 491 SA dari 17 kota besar se-Jabar dengan metode online test. Jumlah tersebut merupakan orang-orang terpilih dari sumber daya AHASS se-Jabar yang sudah memiliki level training minimal yang telah mengikuti dan lulus TTL-2. 

Penyisihan babak kedua diikuti oleh 603 mekanik dan yang lolos sebanyak 50 mekanik, diikuti 198 SA dari 17 kota besar se-Jabar dengan metode online test, praktik meja lolos sebanyak 35 orang SA. Jumlah tersebut merupakan orang-orang terpilih dan lolos dari babak pertama dan babak kedua. 

Pada final kontes regional ini diikuti oleh 20 finalis mekanik AHASS dari Kota Bandung, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Majalengka, Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, dan Purwakarta. Sementara final kontes SA diikuti 15 finalis dari Kota Bandung, Cianjur, Cirebon, Garut, Sumedang, Bekasi, Bogor, Depok, dan Sukabumi yang lolos dari babak ke – 2. 

General Manager Technical Service DAM Denny Budiman mengatakan, semua peserta diuji kemampuan teknik yang meliputi teori, ujian kerja bangku (analisa teknik), ujian trouble shooting, periodical maintenance, time atack. Sementara para SA selain diuji dalam hal pelayanan terhadap konsumen melalui studi kasus atau role play yang telah ditetapkan oleh pihak panitia, juga diuji terkait kemampuan teknik, trouble shooting, dan time attack. 

"Dengan adanya kontes ini diharapkan semua mekanik dan SA di seluruh AHASS untuk selalu mengasah pengetahuan dan keterampilannya, sehingga mampu memberi layanan purnajual yang terbaik bagi konsumen di tempatnya masing-masing," ujar Denny di sela-sela kontes di kantor DAM, Kota Bandung, Selasa 23 Juli 2019.

Menurut dia, teknik pengetesan disamakan dengan skala internasional dengan harapan para mekanik dan SA berkesempatan besar berkompetisi di tingkat dunia. Pasalnya, DAM memiliki pengalaman mekanik yang    menjuarai kontes mekanik tingkat Asia-Oceania. 

"Kami bukan hanya mengejar kontes nasional, tapi juga internasional. Tahun lalu juga kami juara mekanik nasional. Tahun ini diharapkan juga perwakilan juara ini akan ikut kontes nasional di Semarang," tuturnya.***

Bagikan: