Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Umumnya cerah, 27.3 ° C

All-New Mazda3 Tetap Menampilkan Desain Single Motion

Asep Budiman
ALL-New Mazda3 resmi meluncur di Kota Bandung dengan dua tipe, yaitu hatchback dan sedan.*/ASEP BUDIMAN/PR
ALL-New Mazda3 resmi meluncur di Kota Bandung dengan dua tipe, yaitu hatchback dan sedan.*/ASEP BUDIMAN/PR

BANDUNG, (PR).- All-New Mazda3 resmi meluncur di Kota Bandung dengan dua tipe, yaitu hatchback dan sedan. Mobil yang mengusung teknologi lebih canggih dan desain elegan ini ditargetkan bisa menjual 8-10 unit per bulan. 

Branch Manager Mazda Bandung 2, M Chairul Anwar, mengatakan, pihaknya yakin bisa mencapai target penjualan di Bandung. Selama ini pada semester pertama periode Januari-Juli 2019, Bandung dan Jawa Barat berkontribusi 7 persen terhadap penjualan Mazda secara nasional. 

"Dengan Mazda 3 akan menaikkan kontribusi. Target di Bandung sekitar 8-10 unit per bulan," kata Anwar saat peluncuran Mazda3 di Hotel IBIS Trans Studio Mall, Kota Bandung, Selasa 23 Juli 2019.

Menurut dia, pangsa pasar hatchback cukup gemuk sehingga diharapkan bisa berkontribusi terhadap penjualan Mazda secara keseluruhan. Melihat potensi pasar, komposisi penjualan dipersentasikan sekitar 80 persen hatchback dan 20 persen sedan.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen tunggal dan distributor eksklusif mobil merek Mazda di Indonesia menegaskan komitmen Mazda untuk tetap eksis di pasar otomotif tanah air.

"Kehadiran kami di Bandung dengan membawa produk terbaru kami All-New Mazda3, kembali menegaskan komitmen Mazda untuk terus eksis di pasar otomotif Indonesia, terutama di daerah Bandung dan sekitarnya. Kami akan terus berupaya memperkenalkan produk-produk terbaru Mazda serta meningkatkan kualitas layanan purnajual Mazda di Jawa Barat," ujar Ricky Thio, Direktur Sales, Marketing dan PR, PT EMI. 

Dia menjelaskan, diluncurkan pada GIIAS 2019, pihaknya juga menargetkan penjualan cukup besar sebanyak 700 unit. Sementara secara nasional, Mazda 3 ditargetkan terjual 50 unit per bulan gabungan hatchback dan sedan.

Diperkirakan, sekitar 30-40 persen konsumen memilih sedan, sedangkan mayoritas memilih tipe hatchback. Komposisi market nasional terdiri atas Jabodetabek 63 persen, Jawa Timur 11 persen, Jawa Tengah 8,5 persen, dan Jawa Barat 7 persen.

Kontribusi terbesar nasional dari SUV CX5 dengan kontribusi 37 persen, diikuti small hatchback 31 persen, CX3 15 persen. Sementara Mazda 3 baru diperkenalkan sehingga belum masuk kontribusinya.

Desain KODO

Sebagai model pertama yang mengadopsi evolusi terbaru desain KODO, All-New Mazda3 tetap menampilkan desain "single motion" yang sederhana, tetapi lebih baik dari generasi sebelumnya. Desain Mazda3 terbaru pada model hatchback sentuhan desain yang lebih emosional, sedangkan pada model sedan lebih elegan. Meski saling berbagi nama sebagai Mazda3, kedua model menawarkan kepribadian yang berbeda. 

Dalam merancang model Mazda3 baik hatchback maupun sedan, kedua tim pengembangan menunjukkan tampilan yang benar-benar baru pada kepribadian dan nilai-nilai yang dimiliki keduanya. Keduanya memiliki daya tarik yang unik dengan mesin bertenaga dan pengalaman berkendara yang menarik. Sebaliknya, Mazda3 sedan memiliki tampilan sederhana, bersih, dan memukau yang menonjolkan kedewasaan dan kemewahan. 

Sesuai dengan tema "less is more" desain semua elemen di dalam kabin dirancang dengan sesederhana mungkin sehingga dapat menonjolkan wilayah kabin. Hal ini membuat tingkungan kabin semakin nyaman yang menjadikan pengemudi dan mobilnya dapat tersambung secara natural sehingga pemgemudi dapat berfokus penuh pada tugas utamanya, mengemudi. 

Kedua tipe AII-New Mazda3 mengadopsi mesin berbahan bakar bensin SKYACTIV-G 2,0 liter terbaru yang telah mendapatkan pengembangan teknologi. Mesin ini mendapatkan optimalisasi pada bagian intake port dan bentuk piston, split fuel injection dan katup pendingin untuk menghasilkan tingkatan yang lebih baik pada performa dinamis, efisiensi bahan bakar dan keramahan Iingkungan. Distribusi tenaga dan torsi dari jantung pacu ini disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed SKYACTlV-DRIVE.

Fitur G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) yang dimiliki oleh Mazda3 merupakan pengembangan fitur G-Vectoring Control (GVC) sebagai bagian dari teknologi SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS milik Mazda. GVC Plus menambahkan kendali yaw moment langsunq melalui rem. Hal ini memungkinkan mobil untuk dapat mengatasi manuver penghindaran darurat dengan lebih baik dan menawarkan pengendalian yang meyakinkan di berbagai situasi, termasuk saat perubahan lajur dengan kecepatan tinggi dan berkendara di jalan yang licin.***
 

Bagikan: