Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya cerah, 16.3 ° C

Ribuan Offroader Uji Nyali dalam Jelajah Wisata Kuningan

Nuryaman
BUPATI Kuningan Acep Purnama (kiri) menabuh genjring menyemangati keberangkatan peserta di garis start even Jelajah Wisata Kuningan (JWK) 1 di obyek wisata Waduk Darma, Kuningan, Sabtu 13 Juli 2019.*/NURYAMAN/PR
BUPATI Kuningan Acep Purnama (kiri) menabuh genjring menyemangati keberangkatan peserta di garis start even Jelajah Wisata Kuningan (JWK) 1 di obyek wisata Waduk Darma, Kuningan, Sabtu 13 Juli 2019.*/NURYAMAN/PR

KUNINGAN, (PR).- Ribuan offroader dengan motor trail bersepesifikasi untuk pejelajahan medan jalur ekstrem, dari berbagai kota dan kabupaten menunjukkan  nyali dan kemampuannya menjelajahi lintasan medan berat dalam event Jelajah Wisata Kuningan (JWK) 1, Sabtu 13 Juli 2019. 

Event tersebut digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan bersama komunitas Trail Adventure Club Kuningan (Track) didukung sejumlah sponsor, dengan rute lintasan sejauh lebih kurang 50 kilo meter. Sementara titik start dan finis di obyek wisata Waduk Darma, Kecamtan Darma, KabupatenKuningan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan selaku Ketua Pelaksana JWK 1 Toni Kusumanto, menyebutkan peserta event tersebut terhitung hingga menit-menit menjelang acara start sekitar pukul 9.00, sudah mencapai 2.100 peserta. Peserta sebanyak itu, datang dari berbagai kota dan kabupaten. 

“Bukan hanya dari wilayah Jawa Barat, tetapi juga ada yang dari Jawa Timur, Jawa Tengah, serta dari Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya,” ujar Toni Kusumanto.

Selain itu, Bupati dan Wakil Bupati Kuningan  Acep Purnama dan M Ridho Suganda, tak ketinggalan turut serta menjajal lintasan JWK 1 dengan sepeda motor trail andalannya masing-masing. Acep dan Ridho, beangkat dari titik start menjelajahi rute JWK 1 disertai sejumlah pucuk pimpinan di lingkup Pemda dan lembaga terkait di Kabupaten Kuningan. Di antaranya Kapolres Iman Setiawan, Dandim 0615 Daru Cahyadi, Administratur Perhutani KPH Kuningan Uum Maksum.

Toni Kusumanto di sela-sela pelepasan peserta JWK 1 di Waduk Darma kepada “PR” Online menyebutkan, lintasan JWK 1 sejauh lebih kutang 50 Km itu, sebagian besar melewati kontur lerengan dan lembah-lembah perbukitan serta melalui sejumlah desa di Kecamatan Darma dan Nusaherang. 

“Rutenya dari sini masuk ke Desa Bakom, naik ke Desa Karangsari, lalu melintasi perbukitan tembus ke Desa Gunungsirah, turun ke Desa Karanganyar, lalu ke Desa Kawahmanuk, Cipasung, Sukarasa, naik ke perbukitan kawasan hutan Perhutani, turun ke obyek wisata Situ Wulukut. Dari Situ Wulukut keluar masuk jalan raya melalui Desa Haurkuning, Kecamatan Nusaherang, lalu ke Desa Jagara dan masuk ke garis finishnya di obyek wisata Waduk Darma ini,” tutur Toni menerangkan.

Bupati Kuningan Acep Purnama, dalam acara pemberangkatan peserta JWK 1 itu, mengharapkan kegiatan itu bisa menjadi salah satu media untuk menggali dan pengembangan wisata di Kabupaten Kuningan.***
 

Bagikan: