Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 21 ° C

GIIAS 2019 Janjikan Peluncuran 20 Mobil Baru

Asep Budiman
null
null

JAKARTA, (PR).- Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City, Tangerang, menjanjikan pameran yang lebih meriah. Setidaknya 20 mobil akan diluncurkan sebagai kejutan bagi para pencinta otomotif tanah air.

Rangkaian GIIAS 2019 The Series akan berlanjut setelah sebelumnya menuntaskan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2019 pada 7 April lalu. Lewat tema Future in Motion, GIIAS 2019 akan menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif sepanjang penyelenggaraan pameran. 

Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah memastikan, total 20 merek kendaraan penumpang akan meramaikan, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling.

Kemudian, tujuh merek kendaraan komersial dan karoseri, yaitu DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks. Tak ketinggalan, tiga merek dari karoseri akan hadir, yakni Adi Putro, Laksana, dan Tentrem. 

Selain itu, sebelas merek sepeda motor juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Sementara dari industri pendukung, lebih dari 300 merek telah mencatatkan komitmennya pada The 27th GIIAS 2019.

"Akan hadir 20 merek mobil penumpang, 10 komersial yang di antaranya 3 karoseri. Kemudian, 13 merek motor dan 300 merek industri pendukung," kata Rizwan dalam konferensi pers menjelang pelaksanaan GIIAS 2019 di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa 2 Juli 2019.

Project Director Seven Event Agus Riyadi mengonfirmasikan pula bahwa setidaknya 20 mobil baru akan diluncurkan, termasuk world premiere. Dia menilai jumlah pabrikan yang akan melakukan peluncuran kemungkinan bisa bertambah seiring dengan mendekati pelaksanaan. "Ada 20 mobil yang akan launch, baru segitu sampai saat ini. Motor ada lagi. Mendekati biasanya akan bertambah lagi," ujarnya.

Otomotif Indonesia Mandiri

"Dua pekan lagi menuju pembukaan GIIAS 2019 yang rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo. GIIAS 2019 akan lebih spesial, tak sekadar bicara otomotif, tapi kemandirian otomotif Indonesia," ucap Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

Menurut dia, otomotif Indonesia sudah bisa mandiri karena tak hanya bisa memenuhi kebutuhan domestik, tetapi juga dunia. Lebih dari 250.000 unit mobil produksi dalam negeri yang telah diekspor ke sekitar 80 negara.

"Industri otomotif menduduki kedelapan dalam penghasil devisi sebesar 5 persen. Kita berharap bisa ekspor ke lebih banyak negara dan industri otomotif Indonesia bisa makin berkembang," ucapnya.

Nangoi menargetkan raihan GIIAS 2019 sedikit lebih baik dari tahun lalu mengingat Indonesia telah melewati tahun politik yang seharusnya ekonomi lebih baik. Memasuki usia 50 tahun, Gaikindo pun menatap masa 50 tahun ke depan dengan teknologi hibrida, listrik, dan lain-lain.

Dia juga menerangkan, pada 2018 otomotif Indonesia mencatat ekspor mobil utuh (completely built up/CBU) tumbuh 14,44 persen menjadi 264.553 unit dibanding tahun sebelumnya. Dengan dorongan dari penyelenggaraan GIIAS 2019, Gaikindo optimistis tahun 2019 ekspor otomotif akan kembali mencatatkan peningkatan. 

“Industri otomotif mendapatkan energi positif dari setiap penyelenggaraan GIIAS. Tahun ini kami optimistis ekspor otomotif Indonesia dapat mencapai 300.000 unit,” tuturnya. 

Tidak berhenti pada tahun 2019, menurut Yohannes, Gaikindo menargetkan pada 2025 industri otomotif dapat menjadi penyumbang devisa tertingi negara dengan ekspor yang mencapai 1 juta unit.***

Bagikan: