Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Sedikit awan, 24.1 ° C

Jalan Tol Trans Jawa Jadi Tantangan Test Drive

Anwar Effendi
ALL News Nissan Livina menjajal jalanan Semarang-Solo.*/ANWAR EFFENDI/PR
ALL News Nissan Livina menjajal jalanan Semarang-Solo.*/ANWAR EFFENDI/PR

SOLO, (PR).- Banyak yang penasaran ingin menjajal jalan Tol Trans Jawa. Selain menghadirkan pemandangan indah, Tol Trans Jawa khususnya Semarang-Solo via Bawen, memberikan tantangan bagi pengendara.

Pengendara jangan sampai terlena melihat pemangan lima gunung yang terlintasi. Karena di lokasi itu, ada tanjakan yang perlu diwaspadai. Medan semacam itu, ternyata jadi incaran sejumlah pabrikan untuk mencoba ketangguhan produknya.

Termasuk All New Nissan Livina, dengan mengajak sejumlah jurnalis otomotif menjajal jalan Tol Trans Jawa. Pihak Nissan membebaskan para jurnalis melakukan manuver untuk menguji akselarasi All New Nissan, dengan tetap memperhatikan keamananan dan keselematan, Senin 24 Juni 2019.

Delapan mobil yang digunakan jurnalis sempat dipacu dengan kecepatan 160km/jam. Dalam kecepatan tersebut, All New Nisasn Livina tetap melaju stabil. Pengemudi dan penumpang tak banyak merasakan getaran. Demikian juga hembusan angin, tak terdengar karena All New Nissan sudah diciptakan untuk kedap suara.

Justru sebaliknya, pengemudi dan pengendara sangat menikmati audio yang sempurna di dalam di dalam All New Nissan Livina. "Nyaris tak terasa getaran walau kendaran dipacu cukup kencang. Penumpang tetap merasa nyaman. Tadi ada perintah untuk mencoba speed di jalan tol. Speedometer sempat mencapai angka 160 tapi stabil," tutur Andi jurnalis Kontan.

Jadi ancaman

Rudi jurnalis lainnya, Livina memang sudah lama tidak meluncurkan varian terbarunya. Namun kehadiran All New Nissan Livina, bisa menjadi ancaman bagi mobil sejenis dari merek lain. Dengan menawarkan berbagai keunggulan, All New Nissan Livina tetap menjadi andalan untuk menarik calon konsumen.

Head of Product Communicatins PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani menyebutkan, uji ketangguhan All New Nissan Livina sudah dilakukan di berbagai daerah dengan medan yang berbeda. Setelah wilayah Sumatera yang dijajal, kini giliran jalan Tol Trans Jawa yang dilahap. Tentunya ada pengalaman yang berbeda-beda dari setiap wilayah, namun intinya All New Nissan Livina siap digunakan di segala medan.

Sebelum memasuki tantangan di jalan Tol Trans Jawa, jurnalis yang diajak test drive merasakan sensasi menggunakan All New Nissan Livina di wilayah perkotaan Semarang. Start yang dimulai di kawasan Kelenteng Sam Poo Kong dengan jalan mulus, dilanjut memasuki kawasan kota Semarang yang jalanannya menggunakan paving block.

Tuntas menghadapi kemacetan lalu lintas di jalan perkotaan, uji kendaraan berlanjut menuju Kampung Kopi Banaran. Untuk mencapai lokasi wisata tersebut, rombongan harus melewati tanjakan dan turunan yang cukup ekstrem.

Hana Maharani menyebutkan, tidak sampai di situ, para jurnalis lantas mendapat tawaran untuk langsung menuju Solo. Perjalanan menuju Pura Mangkunegaran walau menggunakan jalan tol, namun cukup panjang dan menuntut kehati-hatian pengemudi.

Hari kedua, Selasa 25 Juni 2019 ini tantangan masih ada walau tidak begitu ekstrem. Peserta cuma diminta mengeksplore fitur-fitur terbaru yang ada di All New Nissan Livina. Lantas peserta test drive akan menyambangi kawasan wisata, Colomadu dan Candi Plaosan Daerah Istimewa Yogyakarta.***

Bagikan: