Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 20.5 ° C

Lima Mobil Diprediksi Melejit Setelah IIMS 2019

Asep Budiman
PESERTA pameran Telkomsel IIMS 2019 yang melakukan peluncuran cukup banyak. Dari sekian banyak mobil yang dipamerkan, ada lima mobil akan cukup melejit setelah IIMS 2019. Hal itu melihat antusiasme pengunjung yang memenuhi booth sejumlah merek dan mereka yang menyerbu arena test drive.*/ASEP BUDIMAN/PR
PESERTA pameran Telkomsel IIMS 2019 yang melakukan peluncuran cukup banyak. Dari sekian banyak mobil yang dipamerkan, ada lima mobil akan cukup melejit setelah IIMS 2019. Hal itu melihat antusiasme pengunjung yang memenuhi booth sejumlah merek dan mereka yang menyerbu arena test drive.*/ASEP BUDIMAN/PR

SEBAGAI salah satu hajatan otomotif terbesar tahunan, setiap merek peserta pameran Telkomsel IIMS 2019 yang melakukan peluncuran cukup banyak. Bahkan, Suzuki melakukan world premiere atau peluncuran perdana di dunia, Suzuki New Carry. 

Selanjutnya, Hyundai juga meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Kona untuk pasar otomotif Indonesia. Tidak berhenti sampai di situ saja, merek asal Eropa seperti BMW ikut memanfaatkan momen Telkomsel IIMS 2019 untuk meluncurkan sedan sport berperforma, yaitu BMW Z4. Merek lain seperti Toyota kembali meluncurkan crossover terbaru untuk menambah line-up produk hybrid di Indonesia dengan membawa C-HR Hybrid.

Brand otomotif roda empat asal Jepang yang lain, seperti Mitsubishi telah meluncurkan Mitsubishi Xpander edisi spesial. Sementara Honda ikut memeriahkan event Telkomsel IIMS 2019 dengan meluncurkan BR-V terbaru.

Tak ketinggalan juga merek dari Tiongkok, seperti Wuling yang resmi meluncurkan Confero dengan transmisi baru, serta Cortez 1,5L yang dibekali mesin turbo. Masih merek dari Tiongkok, yaitu DFSK juga meluncurkan SUV keduanya, Glory 560, sekaligus mengumumkan harga resmi untuk model terbarunya itu di ajang Telkomsel IIMS 2019.

Selama perhelatan IIMS 2019, pihak penyelenggara mencatat data pengunjung sejak tanggal 25–28 April 2019 yang hadir sejumlah 219.913 orang. Jumlahnya hampir setengah dari target 530.000 pengunjung selama 11 hari pameran berlangsung.

Dari sekian banyak mobil yang dipamerkan, Otokir memperkirakan setidaknya lima mobil akan cukup melejit setelah IIMS 2019. Hal itu melihat antusiasme pengunjung yang memenuhi booth sejumlah merek dan mereka yang menyerbu arena test drive.

Xpander Limited

Pada hari pertama IIMS 2019, Mitsubishi mendapat slot pertama untuk meluncurkan Xpander Limited yang merupakan edisi spesial. Diproduksi dengan jumlah terbatas, Xpander Limited yang berbasis varian ultimate transmisi matik mendapat peningkatan ubahan tampilan.

Setidaknya ada 10 item tambahan di area interior dan eksterior pada small MPV yang telah mencatatkan penjualan retail 100.000 unit dalam 18 bulan tersebut. Dari sisi interior terdapat penambahan sporty seat cover, ornament decal, exclusive limited ID, dan scuff plate. Sementara dari tampilan eksterior, terdapat aero kit, mirror cover decal, door handle protector, fuel lid gardnish, engine hood emblem, dan limited edition emblem.

Dengan tampilan yang lebih mentereng dari varian ultimate, Xpander Limited ini menuai pujian dari para pengunjung. Apalagi, Xpander Limited diproduksi terbatas hanya 1.000 unit dengan beda harga sekira Rp 11 juta dari varian Ultimate.
 

New Carry Pick Up

Lain dengan pabrikan lainnya, Suzuki melakukan peluncuran world premiere New Carry Pick Up untuk pasar komersial pada IIMS 2019. Peluncuran generasi terbaru raja pikap Indonesia ini diklaim berdimensi lebih besar, lebih berperforma, dan lebih nyaman dibandingkan varian sebelumnya dan pesaing beratnya dari Daihatsu Gran Max.

Suzuki pun memajang jajaran modifikasi New Carry Pick Up, seperti New Carry Ambulance, New Carry Box, New Carry Angkutan Kota, dan New Carry Mobil Toko (Moko). Beberapa alternatif modifikasi New Carry Pick Up tersebut mengundang rasa penasaran pengunjung untuk melihat-lihat area booth.

Dengan mengambil momen peluncuran menjelang bulan Puasa dan Lebaran, Suzuki optimistis penjualan New Carry Pick Up akan mampu menarik perhatian pasar mobil niaga ringan. Pasalnya, di momen bulan Puasa dan Lebaran, distribusi kebutuhan pokok akan meningkat sehingga New Carry Pick Up akan menjadi pilihan baru bagi para pengusaha.

Hyundai Kona

Hyundai meluncurkan compact SUV terbaru mereka, Hyundari Kona, pada IIMS 2019. Digadang-gadang sebagai pesaing di segmen SUV, yakni Mazda CX-3, Honda HR-V, Toyota CH-R, Suzuki SX4 S-Cross, Mitsubishi Outlander Sport, dan Chevrolet Trax. Pemain baru asal Korea ini sudah ditunggu-ditunggu oleh pencinta otomotif domestik. 

Tampilan Hyundai Kona cukup berani dengan menyematkan headlamp di bawah, sedangkan penempatan DRL menyipit di depan atas. Sentuhan desain yang stylish dan sporty serta bertenaga karena menggendong mesin mesin tipe NU 2.000 liter MPi Atkinson bertenaga 147 Hp pada 6200 rpm dan torsi 179,8 Nm pada 4.500 rpm. Belum lagi sederet fitur kekinian dengan harga relatif lebih murah dari kompetitor beratnya.

Selain itu, dua pabrikan asal Tiongkok, yaitu Wuling dan DFSK juga berbagi perhatian pengunjung IIMS 2019. Para pendatang baru di otomotif tanah air ini meramaikan segmen MPV dan SUV dengan harga yang lebih kompetitif dari pabrikan Jepang dan Korea. Meskipun tidak keduanya tidak meluncurkan mobil baru pada IIMS 2019, ternyata pengunjung penasaran untuk merasakan impresi berkendara mobil-mobil Wuling dan DFSK di area test drive.
 

Wuling Almaz

Setidaknya ada 17 model mobil yang disiapkan di area test drive pada IIMS 2019. Namun, merek Wuling yang masih baru di tanah air, cukup menyedot rasa penasaran pengunjung. Wuling menghadirkan seluruh jajarannya di area test drive, yakni Confero S ACT, Cortez CT, dan Almaz. Dari ketiganya, sepertinya Almaz yang paling mendapat perhatian lebih karena SUV ini belum lama diluncurkan dan dengan harga yang relatif murah.

DFSK Glory

Pada ajang IIMS 2019, DFSK memperkenalkan produk terbarunya, Glory 560. Tak mau kalah dari Wuling, DFSK Glory 560 di area test drive juga diserbu pengunjung yang ingin mencoba. Glory 560 memiliki konfigurasi data 1,5 T dan 1,8 L yang didukung oleh model yang sporty. Dibanderol mulai dari Rp 189 juta, SUV ini cukup menjadi pertimbangan masyarakat yang ingin memiliki SUV dengan model 7 penumpang.

Sejauh dan sedalam apa impresi yang diberikan oleh mobil-mobil tersebut akan terlihat pada banyaknya penjualan selama pameran yang akan berakhir pada 5 Mei 2019. Pencapaian pada IIMS 2019 pun diprediksi akan terus bergulir hingga akhir tahun jika tidak ada kejutan dari pabrikan pada pameran GIIAS 2019.  

Motor Terbaru

Beranjak ke sepeda motor, yang menjadi pusat perhatian adalah perkenalan versi produksi dari skuter listrik karya anak bangsa, yaitu Gesits. Merek motor asal Indonesia itu mengambil momen IIMS 2019 untuk memperkenalkan versi final dari skuter listrik yang akan resmi dijual pertengahan tahun ini.

Selain itu, salah satu merek legendaris yang juga masuk lagi ke Indonesia adalah Lambretta. Pabrikan motor asal Italia ini meluncurkan Lambretta V200 dan V125. Brand asal Eropa lain, seperti BMW Motorrad juga resmi meluncurkan enam model sekaligus, seperti  BMW S 1000 RR M Package, R 1250 GS dan R 1250 GS Adventure, F 750 GS, serta skutik C 400 GT.

Selanjutnya, merek Benelli juga meluncurkan Leoncino 250 dan Leoncino 500. Royal Enfield juga memanfaatkan momen IIMS 2019 untuk meluncurkan Twins 650 – Interceptor 650 dan Continental GT 650 cc.

Sementara itu, merek Kycmo meluncurkan skuter Like 150i, KTM meluncurkan 450 SX-F Jeffrey Herling Replica, dan Husquvarna membawa Svartpilen 701 dan FC450 Rockstar Edition. Sebagai pamungkan, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skuter adventure yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia, yaitu X-ADV.***

Bagikan: