Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Sedikit awan, 20.9 ° C

Sembilan Wakil PT DAM Optimistis Hadapi Kontes Layanan Honda Nasional

Asep Budiman
PT Daya Adicipta Motora (DAM) akan mengirimkan sembilan pemenang dari tujuh kategori Kontes Layanan Honda ke tingkat nasional.*/ASEP BUDIMAN/PR
PT Daya Adicipta Motora (DAM) akan mengirimkan sembilan pemenang dari tujuh kategori Kontes Layanan Honda ke tingkat nasional.*/ASEP BUDIMAN/PR

BANDUNG, (PR).- PT Daya Adicipta Motora (DAM) akan mengirimkan sembilan pemenang dari tujuh kategori Kontes Layanan Honda Regional pada 1-2 April 2019. Sembilan wakil distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat itu optimistis menghadapi Kontes Layanan Honda Nasional pada Agustus 2019 mendatang.

Kontes Layanan Honda telah memasuki tahun ke-13 yang memberikan kesempatan berkompetisi bagi setiap kelompok diler. Kontes ini merupakan bentuk program pengembangan untuk menghadirkan layanan terbaik bagi setiap konsumen sepeda motor Honda. 

Tujuh kategori dilombakan terdiri atas deliveryman reguler, deliveryman wing, wing sales people, frontline people, PIC CRM, pimpinan jaringan reguler, dan pimpinan jaringan wing. Diler sepeda motor Honda dibagi menjadi tiga kategori diler, yaitu diler reguler, diler wing, dan diler big wing. 

Pada setiap kelompok terdapat tiga kategori yang dilombakan sesuai dengan fungsinya dalam melayani konsumen, yaitu frontline people, deliveryman serta pimpinan jaringan Honda. Sebagai tambahan tahun ini, Kontes Layanan Honda tahun ini membuka kategori baru, yakni kategori PIC CRM (customer relationship management).

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) DAM Fenny Hasibuan mengungkapkan, seiring dengan meningkatnya ekspektasi masyarakat mengenai pelayanan, DAM berupaya terus meningkatkan pelayanan dengan mengasah kemampuan SDM jaringan. "Tujuan kami adalah konsumen merasakan kehangatan layanan Honda. Kami selalu menjadi sahabat setia yang menemani konsumen sepanjang perjalanan," ucapnya, Selasa 2 April 2019.

Audit standardisasi

Kontes Layanan Honda Regional dilaksanakan sejak bulan Februari 2019 sebagai tahap awal seleksi untuk seluruh jaringan Honda Jawa Barat. Penilaian awal meliputi hasil di lapangan, seperti hasil audit standardisasi, performa, mystery shopping, mystery calling, dan hasil survei Customer Satisfaction Level. Setelah melalui seleksi awal, pada tingkat regional ini sebanyak 117 peserta terpilih untuk unjuk kemampuan di ajang bergengsi ini.

Setelah melewati tahap seleksi yang cukup ketat, terpilih 36 peserta dari 4 kategori yang terdiri atas frontline people, deliveryman, PIC CRM, dan pimpinan jaringan terbaik. Adapun para pemenang Kontes Layanan Honda 2019 Regional Jawa Barat adalah deliveryman reguler Sigit Koeshendriatmo dari Tunas Dwipa Matra Bekasi, deliveryman wing Lukman Firmansyah dari Daya Adicipta Motora Bandung, dan wing sales people Aldea Henry dari Daya Adicipta Motora Bandung.

Kemudian, frontline people Festi Nurmaulani dari Astra Internasional Tbk - HSO Ciamis dan Fenny Meilianti dari Trijaya Anugerah Sukses Indramayu. PIC Customer Relationship Management (CRM) R Mia Hikmawati dari Berdikari Motor Jaya Majalengka dan Deby Oktiviani Putri dari Bintang Motor Jaya Cirebon. Selanjutnya, pimpinan jaringan reguler Yorina Sanjaya dari AHASS Cahaya Sakti Motor  Karawang dan pimpinan jaringan wing Fitri Safitri dari Agung Motor Cianjur.

"Sembilan wakil dari tujuh kategori, semua dinilai dari berbagai aspek. Masa kerja dinilai, minimal 1 tahun kerja. Performa juga dikunci, terutama sales," kata Fenny.

Menghadapi kontes tingkat nasional, Fenny memberikan pembekalan terkait aturan dan program selama empat bulan ke depan. Selain kemampuan mereka diasah, pengetahuan mereka juga diperdalam.

"Namun, yang terpenting membangun mental. Main diler tidak bisa mendampingi lagi selama seleksi nanti. Tapi, kalau sudah mental juara, hasilnya akan bagus," ujarnya.

Di samping peningkatan kualitas sumber daya manusia, Fenny menyebutkan, kontes ini juga berpengaruh besar terhadap penjualan sepeda motor Honda. "Dampak bisnis, dengan SDM berkualitas, konsumen yang diuntungkan. Kami ingin menciptakan kenyamanan konsumen agar serasa di rumah sendiri," tuturnya. 

Pemenang juara kategori frontline people Festi Nurmaulani dari Astra Internasional Tbk - HSO Ciamis, mengaku tidak menyangka bisa lolos dan juara pada kontes ini. Padahal, ia baru pertama kali mengikuti kontes ini setelah mendapat kepercayaan diler.

"Awalnya pesimis karena baru dua tahun kerja. Alhamdulillah, kepercayaan teman-teman juga proses dan aplikasi training hingga bisa sampai di sini," ucapnya.***

Bagikan: