Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Berawan, 21.6 ° C

Bergaya Sporty, Penjualan Ertiga Sport Ditarget 20%

Asep Budiman
PELUNCURAN All New Ertiga Sport, varian baru dari Suzuki, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat 22 Maret 2019.*/ASEP BUDIMAN/PR
PELUNCURAN All New Ertiga Sport, varian baru dari Suzuki, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat 22 Maret 2019.*/ASEP BUDIMAN/PR

JAKARTA, (PR).- Suzuki menambah line-up Suzuki Sport dengan kehadiran All New Ertiga Sport untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bergaya sporty look. Varian terbaru All New Ertiga Sport ditargetkan bisa berkontribusi meningkatkan penjualan All New Ertiga sebesar 20 persen setiap bulan.

Setelah diluncurkan secara nasional di Jakarta, Jumat, 22 Maret 2019, All New Ertiga Suzuki Sport akan diluncurkan secara serentak di empat kota pada 23 Maret 2019, yaitu Bandung, Palembang, Yogyakarta, dan Makassar. Selain itu, All New Ertiga Suzuki Sport juga akan diluncurkan pada GIIAS Surabaya pada tanggal 29 Maret 2019.

4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales Makmur menjelaskan, pangsa pasar (market share) ritel mobil Suzuki atau yang terjual ke konsumen sepanjang tahun 2018 sebesar 12,2 persen. Sementara tahun 2019, pencapaian dalam dua bulan terakhir sudah meningkat menjadi 13,9 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Menurut dia, peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki di pasar ritel tak terlepas dari suplai yang membaik. Tahun 2018, saat meluncurkan All New Ertiga pada bulan April, dia mengakui tidak bisa memenuhi permintaan konsumen karena kekurangan barang.

"Suplai unit di awal yang kurang pada 2018. Rerata 3.000 unit per bulan saja atau 34.000-36.000 unit per tahun," kata Makmur saat peluncuran All New Ertiga Sport di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat 22 Maret 2019.
 

Meskipun suplai tahun lalu belum sesuai permintaan, Makmur menilai positif penerimaan masyarakat terhadap All New Ertiga. Untuk itu, Suzuki akan berusaha menghadirkan produk Ertiga Sport yang sesuai dengan tren dan kebutuhan konsumen.

"Penjualan Ertiga tersebut menunjukkan diterima oleh masyarakat Indonesia. Kami akan terus mengikuti kebutuhan pasar," ucapnya.

Seperti penjualan positif Ertiga Dreza yang kini sudah tidak dijual lagi, Makmur berharap animo masyarakat terhadap Ertiga Sport juga tinggi. Apalagi, perubahan eksterior dan interior sangat bergaya sporty dan modern.

"Saat peluncuran Dreza diterima baik, sekitar 20 persen dari 2.500 unit Ertiga keseluruhan. Target Ertiga Sport juga sama sekitar 20 persen dari penjualan Ertiga yang ada sekarang. Dari penjualan seluruh Ertiga sebanyak 3.000 unit, sekitar 600 unit dari Ertiga Sport," ujarnya.

Marketing Director 4W SIS, Donny Saputra menambahkan, konsep Suzuki Sport sebagai branding sudah diperkenalkan sejak pameran GIIAS 2018 dengan menampilkan konsep Ignis Sport, Ertiga, Sport, dan Baleno Sport. Setelah itu, diluncurkan Ignis SE, kemudian Ertiga Sport sehingga sudah ada di varian sport.

"Untuk Baleno Sport masih akan dikembangkan. Begitu pula dengan Dreza. Saat peluncuran All New Ertiga, Dreza sudah tidak dijual. Potensi untuk Dreza masih studi. Kemungkinan ada, tapi kami akan lihat tren," tuturnya.
 

Akan tetapi, ungkap Donny, yang menjadi prioritas Suzuki adalah menghadirkan varian sport. Hal ini sesuai dengan survei dan riset Suzuki di Indonesia bahwa konsumen menginginkan varian sporty.

Donny menyebutkan, Ertiga Sporty merupakan varian termahal di line-up All New Ertiga. Produk ini merupakan ekstensifikasi pasar dengan produk baru yang sesuai selera konsumen. 

"Sport ini ditambahkan emotional value, sporty, dan modern. Perubahan lebih ke arah eksterior. Interior hanya pembeda dengan ertiga lainnya. Perubahan eksterior lebih ke lifestyle," ujarnya.

Ke depan, Donny menyatakan, tak menutup kemungkinan akan mengekspor Ertiga Sport, seperti halnya All New Ertia tipe sebelumnya. Untuk itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan negara lain, apakah tuntutan market di Indonesia sama dengan negara lain.***

Bagikan: