Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 13.985,00 | Sedikit awan, 21.1 ° C

Marc Marquez Main Angklung dan Joget di Saung Udjo

Asep Budiman
Marc Marquez.*/ANTARA
Marc Marquez.*/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Kesenian angklung semakin mendunia menyusul dimainkan oleh juara dunia MotoGP Marc Marquez. Sekitar 200 komunitas motor Honda juga ikut mengiringi permainan alat musik khas Sunda ini di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Minggu, 10 Februari 2019. 
 
Jawara dunia lima kali ajang balap MotoGP tersebut langsung dapat bermain alat musik angklung dengan irama yang kompak bersama komunitas Honda dan jajaran manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) yang turut serta mendampingi. Dibekali angklung serang satu, Marc Marquez dan yang lain memainkan lagu berjudul lagu Indonesia Bengawan Solo, lagu Can’t Help Falling in Love oleh Elvis Presley, lagu dari Jepang berjudul Sukiyaki.

Marquez sempat menyanyikan lagu Besame Mucho diiringi oleh permainan angklung oleh para peserta. Saat penyanyi cantik yang juga murid Saung Udjo, bernyanyi lagu Despasito, Marquez diajak naik panggung. Sempat malu-malu, tetapi penyanyi berusaha mengajak berdansa hingga Marquez larut dalam alunan lagu. 

Ketika reff dinyanyikan bersambut kor penonton, Marquez pun berjoget lepas khas tarian Spanyol. Seolah menggoda penyanyi mojang Bandung dengan tariannya, penonton pun memuji dan mengelu-elukan pembalap asal Catalunya, Spanyol tersebut.

Di akhir pertunjukan, Marquez dan puluhan penonton diajak menari oleh anak-anak kecil didikan Saung Angklung Udjo. Tampak ekspresi Marquez yang kagum melihat aksi anak-anak tersebut menyuguhkan tarian khas dari sejumlah daerah di nusantara.

"Saya sangat menikmati pertunjukan ini. Ini merupakan salah satu pertunjukkan terbaik yang pernah saya mainkan dan saksikan,” ujar Marquez yang terkesan dengan alat musik angklung yang dimainkannya.

Marc Marquez bermain angklung di Saung Angklung Udjo, Minggu, 10 Februari 2019.*/ASEP BUDIMAN/PR

“Bersama Marquez kesenian asli Indonesia ini akan semakin mendunia. Kami di AHM berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya pelestarian budaya bangsa ini melalui program pembinaan budaya Angklung di kalangan generasi muda melalui sekolah-sekolah binaan,” ujar Production, Engineering, and Procurement Director AHM David Budiono.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan seni budaya angklung merupakan salah satu warisan asli budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Sejak 2013, AHM secara konsisten melakukan pembinaan dan pelatihan para guru seni musik agar dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan bermain musik angklung kepada para generasi muda di 31 sekolah binaan Honda melalui Program Sekolah Binaan Angklung.
 
Selain itu, AHM juga mengadakan pelatihan lanjutan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan agar lebih mahir dalam memainkan dan mengajarkan budaya angklung di berbagai sekolah binaan Honda. Sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran budaya Angklung di masing-masing sekolah binaan, AHM bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo menggelar kompetensi Pasanggiri Angklung yang telah digelar secara konsisten sejak 4 tahun lalu.

"Bersama Marc Marquez, kami yakin angklung tidak hanya akan mendunia tapi juga akan semakin dicintai generasi muda dan anak-anak milenial," ujarnya. ***

Bagikan: