Pikiran Rakyat
USD Jual 14.365,00 Beli 14.065,00 | Berawan, 19.7 ° C

Berkembang Pesat, Mobil Tiongkok Menggebrak Pasar Global

Tim Pikiran Rakyat
Kolase oleh Autocar.*
Kolase oleh Autocar.*

DI negara asalnya, industri otomotif ­nasional Tiongkok memiliki grup, yakni Asosiasi Produsen Mobil China (China ­Association of Automobile Manufacturers). Industri mobil di Tiongkok mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak tahun 1990-an, bahkan sejak akhir 2008 telah menjadi pasar otomotif terbesar di dunia.

Jumlah mobil, bus, van, dan truk yang terdaftar di Tiongkok mencapai angka 62 ­juta unit pada tahun 2009 dan mungkin akan meningkat menjadi 200 juta unit pada tahun 2020. Konsultan McKinsey & Company memberikan estimasi bahwa pasar mobil di Tiongkok akan meningkat sepuluh kali lipat antara tahun 2005 dan 2030.

Mobil yang diproduksi, 44,3% di antaranya adalah merek lokal dan sisanya adalah mobil-mobil yang diproduksi secara joint ventura dengan pabrikan asing. Kemudian, tidak hanya di negerinya sendiri, Tiongkok juga gencar melakukan ekspansi dengan melakukan investasi, mendirikan basis produksi di beberapa negara potensial, termasuk di Indonesia.   

Perusahaan Dongfeng Motor Corp, membuka salah satu pabriknya di Indonesia atau di Cikande, Serang, Banten, ­dengan produk andalan DFSK Glory 580 untuk kelas SUV. Sebelumnya, di Tiongkok, Dongfeng Motor Corp sudah bekerja sama dengan banyak merek, termasuk Kia, Honda, Peugeot-Citroen, Renault, Volvo, Nissan, dan merek Taiwan bernama Yukon.

Dongfeng bangun kepercayaan

DFSK adalah kependekan dari Dongfeng Sokon. Di Indonesia, PT Sokonindo Automobile menjadi Agen Pemegang Merek (APM) mobil penumpang DFSK dan memasarkan 7-seater city SUV, DFSK Glory 580. Di masa mendatang pabrik Sokonindo akan terus memperkenalkan model SUV yang menarik tak hanya ke pasar Indonesia, tetapi juga diekspor ke pasar Asia Tenggara dan pasar global lainnya.

Franz Wang, Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile mengata­kan, upaya prinsip untuk mencapai kondisi yang diinginkan dan masyarakat konsumen memercayai produk, juga telah diperlihatkan DFSK.

Untuk membangun kepercayaan terhadap Glory 580, selain berinvestasi dan membangun pabrik di Serang, DFSK juga mengelar program Super Experience Activity, untuk membuktikan ketangguhan SUV tersebut hingga  menjamin kenyamanan konsumen terhadap produknya dengan memberikan 7 years/150 km super warranty atau 7 years worry free. 

"DFSK terus berupaya memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen Indonesia. DFSK berkomitmen untuk menghadirkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat tanah air, termasuk di Kota Bandung dan wilayah di sekitarnya. Dengan melebarkan sayapnya ke wilayah Jawa Barat, DFSK menandai perkenalan perdana Glory 580 di kota Bandung, di pengujung tahun lalu," ujar Franz.

Penjualan fantastis

Sementara itu, sebagai produk mobil Tiongkok lainnya  yang juga sebagai pemain baru, Wuling menunjukkan pertumbuhan yang cukup fantastis dengan selisih penjualan dari tahun 2017 ke 2018 sebanyak 10.759 dengan pertumbuhan 274,6%. Menurut data terbaru, dari Ja­nuari hingga Desember 2018, Wuling mencatatkan penjualan wholesales sebesar 17.002 unit. Dengan data terkini itu, kemungkinan pangsa pasar Wuling di dalam negeri akan lebih besar.

Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani mengungkapkan, secara nasio­nal kontribusi wholesales paling banyak berasal dari Pulau Jawa sebanyak 35,8%. "Untuk di Pulau Jawa, Jawa Barat merupakan provinsi penyumbang ketiga terbesar dengan angka 14,8% setelah DKI Jakarta (51,7%) dan Jawa Timur (17,2%)," ucapnya kepada "PR", Selasa (1/8/2019).

Tahun ini, Dian memprediksi pasar otomotif Indonesia semakin ramai dengan hadirnya berbagai pilihan produk pembaruan. Selain itu, masyarakat juga akan semakin cerdas dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

"Di 2019, kami berencana menghadirkan produk baru di segmen SUV untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan juga terus memperluas jaringan diler agar dapat lebih mudah menjangkau konsumen," tuturnya.

Dian menyebutkan, seri Confero merupakan lini produk yang paling diminati, diikuti oleh seri Cortez dan Formo yang juga mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Dia memerinci, seri Confero telah memberikan kontribusi sebanyak 65%, seri Cortez sebesar 34%, dan seri Formo kurang dari 1% total penjualan.***

Bagikan: