Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Umumnya cerah, 16.3 ° C

Perhatikan Tren Warna 2019 Sebelum Beli Mobil

Tim Pikiran Rakyat
PASAR otomotif.*/ALI PARMA/PR
PASAR otomotif.*/ALI PARMA/PR

PADA 2019, diperkirakan warna yang menjadi tren dan paling disukai konsumen masih didominasi putih.

Menurut Manager PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation Jawa Barat, Kroda Kalantara, warna putih diminati hampir 60% konsumen sedangkan warna hitam menjadi favorit kedua sebesar 25% dan sisanya warna lain.

Dia menilai, hal ini disebabkan warna putih dianggap warna moderat. Terlebih, sebagian konsumen masih ada yang berasumsi jika menjual ­mobil selain hitam dan putih akan susah lakunya dan harganya sedikit di bawah.

”Tren warna tahun 2019 kami yakini tidak bakal bergeser, tetap yang dominan warna putih dan ­hitam,” ujar Kroda.

TREN warna mobil 2019.*/DIDIH HUDAYA

Sementara itu, PIC Outlet PT Astra International Daihatsu Cabang Pasir­kaliki Teguh Nugroho menambahkan, berdasarkan histori penjualan di Astra Daihatsu Pasirkaliki, warna yang pa­ling diminati oleh konsumen mayoritas putih.

Warna putih masih menjadi pilihan utama lantaran dinilai lebih mewah. Sementara untuk warna lain seperti perak, hitam, dan abu-abu masih menjadi warna alternatif juga. ”Di 2019 tren warna tersebut ke­mungkinan hampir sama dengan 2018. Warna putih sekitar 30% masih dominan,” ujarnya.

Pengaruhi harga jual

Soal warna mobil, hal yang sama terjadi di pabrikan Honda. Warna putih masih menjadi pilihan utama, kemudian disusul perak dan hitam yang masih menarik konsumen.

Akan tetapi, menurut Manajer Operasional ­Honda bandung Center (HBC), ­Junianto Naibaho, selain warna-­warna tersebut, untuk mobil Honda, warna cerah seperti merah, kuning, dan oranye juga menjadi favorit di beberapa model seperti Honda Brio, Jazz, dan Mobilio.

”Untuk perbedaan warna, ada juga pengaruhnya terhadap harga jual karena terdapat perbedaan bahan atau unsur bahan. Akan tetapi, untuk mobil Honda, ­per­bedaan harganya masih terbilang terjangkau,” ujar ­Junianto.

Sementara itu, merek-merek lain juga tidak akan tinggal diam dalam merebut hati dan minat konsumen. Oleh karena itu, selain menampilkan warna andalan, desain kendaraan mesti sesuai dengan perkembangan zaman.

Tren mobil listrik yang hingga kini masih menanti kejelasan regulasi dari pemerintah, juga akan memacu pabrikan yang telah mapan di ­Indonesia untuk menyiapkan produk andalannya.

Tren elektrifikasi di bidang otomotif kian terasa dekat. Akan tetapi, hal itu mesti disertai regulasi Euro4. ­Dengan demikian, pada 2019 bisa dipastikan bahwa mobil baru yang beredar harus memenuhi standar ­Euro4, terutama kendaraan yang diproduksi untuk memenuhi permin­taan pasar ekspor.

Nissan tampak­nya akan pebih gencar menawar­kan Nissan Intelligent Mobility. Teknologi ini memadukan kenyamanan dan tek­nologi, di antaranya ­Intelligent ­Driving, Intelligent Power, dan Intelligent Connectivty. (Asep Budiman, Didih Hudaya)***

Bagikan: