Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Umumnya berawan, 27.9 ° C

Daihatsu Rekondisi Tiga Mobil Pelanggan Setia di Jabar, Nilainya Capai Rp 100 Juta per Unit

Asep Budiman
TIGA pelanggan setia Daihatsu di Jawa Barat mendapat apresiasi melalui Program Daihatsu Setia 2018. Mobil ketiga pelanggan setia Daihatsu itu direkondisi seperti baru keluar dari pabrik yang nilai perbaikannya mencapai Rp 100 juta.*
TIGA pelanggan setia Daihatsu di Jawa Barat mendapat apresiasi melalui Program Daihatsu Setia 2018. Mobil ketiga pelanggan setia Daihatsu itu direkondisi seperti baru keluar dari pabrik yang nilai perbaikannya mencapai Rp 100 juta.*

BANDUNG, (PR).- Tiga pelanggan setia Daihatsu di Jawa Barat mendapat apresiasi melalui Program Daihatsu Setia 2018. Mobil ketiga pelanggan setia Daihatsu itu direkondisi seperti baru keluar dari pabrik yang nilai perbaikannya mencapai Rp 100 juta.



Program yang telah menginjak tahun kelima ini, Daihatsu merekondisi mobil milik pelanggan setia secara gratis tanpa dipungut biaya. Selama proses rekondisi, pelanggan setia dipinjami mobil pengganti. Secara nasional, ada 45 unit yang direkondisi tahun ini, terdiri atas 20 unit Xenia, 20 unit Terios, 3 unit Luxio, dan 2 unit Sirion. 



Sebelumnya, Daihatsu menyerahkan 14 unit terpilih milik pelanggan setia di empat area, yaitu Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Kali ini, Daihatsu menyerahkan tiga unit milik pelanggan setia yang telah direkondisi untuk area Jawa Barat (2 Xenia dan 1 Terios) di Astra Biz Center, Kota Bandung, Jumat, 23 November 2018.



Ketiga pemenang asal Jabar adalah Ali Nugraha asal Bandung, pemilik Xenia lansiran 2008 yang telah menempuh jarak 235.490 km. Ali Sukari asal Cirebon, pemilik Terios tahun 2010 dengan catatan 169.282 km. Dan, Bandi Sobandi asal Sumedang, pemilik Xenia 2009 dengan jarak tempuh 246.758 km.



"Selamat kepada pemenang. Kami sangat apresiasi atas kesetiaannya menggunakan Daihatsu. Saya harap terus mencintai produk Daihatsu," ucap Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Yuko Mochida sebelum penyerahan kepada pemenang.



Operasional Manager PT Astra Internasional (AI) Daihatsu Sales Operation (DSO) Jawa Barat Kroda Kalantara mengatakan, ketiga pemenang merupakan hasil seleksi dari 910 pendaftar dari Jawa Barat. Jumlah pendaftar program Daihatsu Setia 2018 dari Jawa Barat sebesar 8 persen dari total 11.021 pendaftar nasional.



"Tahun ini tiga pemenang dari Jabar. Program Daihatsu Setia 2018 ini adalah apresiasi, di mana ketiga mobil lama direkondisi seperti baru keluar dari pabrik," ucap Kroda.



Marketing Division Head AI DSO, Hendrayadi Lastiyono menyebutkan, jumlah pendaftar yang mencapai 11.021 melebihi target yang sebesar 11.000 pendaftar. Jumlah pendaftar pelanggan setia Daihatsu dari Jabar mencerminkan jumlah konsumennya.



"Mereka harus memenuhi syarat kepemilikan tangan pertama dan milik pribadi atau perorangan, bukan milik institusi, jarak tempuh kilometer terpanjang. Selain syarat tersebut, loyalitasnya juga dicek, rajin merawat unitnya di bengkel resmi Daihatsu," tuturnya.

Rekondisi senilai Rp 80 juta-Rp 100 juta



Hendrayadi menyatakan, rekondisi makan waktu cukup lama sekitar dua bulan. Pertama, mobil akan dicat dan diganti dengan suku cadang yang baru. Selama direkondisi, mereka dipinjamkan unit pengganti.



"Nominal biaya rekondisi sangat tergantung kondisi kendaraan. Karena rekondisi total, minimal biaya Rp 80 juta sampai Rp 100 juta untuk part saja, belum termasuk upah mekanik yang mengerjakan," ucapnya.



Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division ADM Bambang Supriyadi menambahkan, lebih dari 200 suku cadang, baik slow moving maupun fast moving, yang diganti baru. Semua komponen itu untuk menggantikan bagian eksterior dan interior mobil agae seperti pertama keluar dari pabrik.

Bahkan, mesin mobil pun diturunkan dari rangka untuk disegarkan. Tinggal tulang dan rangka mobil yang disisakan.



"Sebanyak 90 persen part lokal dan hanya 10 persen CKD (complete knock down) atau impor. Semuanya ada. Kalau beli Daihatsu jangan khawatir, spare part mobil lama masih tersedia," ucapnya.



Dari 45 pemenang program Daihatsu Setia 2018, ungkap Bambang, ada Xenia tahun 2004 yang jarak tempuhnya paling jauh sekitar 290.000 km. Semua suku cadang hingga aksesorinya masih tersedia sehingga pelanggan tak perlu khawatir kesulitan mendapatkannya.



"Rekondisi semua komponen diganti, bodi juga dicat ulang. Ban diganti, kaki-kaki juga diganti. Kursi, doortrim, dan jeroan lainnya. Yang enggak boleh diganti adalah mesin dan rangka karena itu unit identitas kendaraannya. Kalau kedua unit itu diganti, nomor mesin dan rangka jadi berubah," pungkas Hendrayadi menimpali. 

Bagikan: