Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 22 ° C

Mengintip Persiapan GIIAS 2018 dengan Tema Beyond Mobility

Didih Hudaya

SEPEKAN ke depan, pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2018 akan mulai digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, 2-12 Agustus 2018.

Sebanyak 27 merek ­mobil dan 10 merek sepeda motor akan ambil bagian di ajang pameran tahunan tersebut. Diklaim panitia ­penyelenggara, tahun ini GIIAS akan ­menjadi ajang yang penuh ide dan inspirasi lewat berbagai programnya.

Ditegaskan oleh Rizwan Alamsjah Ketua Panitia Penyelenggara GIIAS 2018 dalam jumpa pers sebelumnya, dari 27 merek mobil yang telah terkonfirmasi, terdiri atas 21 merek kendaraan penumpang serta 6 merek adalah kendaraan komersial. Target transaksi pun telah ditetapkan. Selama 11 hari penyelenggaraan pameran, diharapkan transaksi sebesar Rp 7 triliun.

Konferensi ini akan diselenggarakan bersamaan dengan ­penyelenggaraan GIIAS 2018, the 13th GIAC yang akan berlangsung pada 7 Agustus 2018, akan mengeksplorasi isu industri otomotif Indonesia terkini, termasuk ­pembahasan tentang emisi dan Euro4 yang dalam waktu dekat akan ­diimplementasikan di Indonesia.

Dihadirkannya pembicara profesional di bidang otomotif bertujuan untuk ­mendorong GIAC sebagai wadah yang ­dapat memberikan inspirasi dan membuka wawasan publik mengenai perkembangan industri otomotif menuju Beyond ­Mobility.

Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo menaruh harapan besar terhadap penyelenggaraan the 13th Gaikindo ­Intenational Auto Conference.

”Gaikindo ingin agar konferensi ini dapat memberi wawasan tentang isu industri otomotif Indonesia terkini, salah satunya adalah implementasi peratuan pemerintah tentang Euro4, sangat penting untuk ­mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia menuju industri global, menuju Beyond Mobility,” kata Nangoi.

Oleh karena itu, Yohanes Nangoi menyatakan, Gaikindo menghadirkan GIIAS ­2018 sebagai wadah yang dapat menginspirasi publik lewat penampilan perkembangan terkini dari industri otomotif. Hal ini dapat menjadi rangsangan pula untuk peserta yang mengeluarkan produk world premiere atau memboyong mobil konsep di ajang tersebut.

Inovasi dan teknologi



Di ajang GIIAS 2018 pula, PT Honda Prospect Motor (HPM) akan memboyong kesuksesan Honda Gallery. Hal ini setelah selama 3 bulan menampilkan berbagai ­inovasi dan teknologi terdepannya melalui Honda Gallery di Jakarta.

Untuk memenuhi antusiasme para pencinta Honda, beberapa teknologi canggih di Honda Gallery akan kembali ditampilkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018.

Honda Gallery merupakan gerai ­pameran teknologi Honda pertama di dunia, antara lain menampilkan dua unit sports car, yaitu Honda NSX dan Honda Civic Type R, serta motor Honda ­RCV-213V-s dan teknologi mobilitas personal canggih UNI-CUB ß. Sejak dibuka pada 10 April 2018, Honda Gallery telah dikunjungi hampir 50.000 orang.

Para pengunjung telah melihat dari dekat berbagai produk canggih yang ditampilkan serta mempelajari teknologi Honda melalui layar sentuh interaktif.

Selain itu, aktivitas yang menjadi favorit para pengunjung Honda Gallery adalah mencoba ­mengendarai UNI-CUB ß. Hingga kini, ribuan orang telah mencoba perangkat ­mobilitas canggih dari Honda tersebut.

Sebagai komitmen untuk terus ­menghadirkan inovasi dan menyebarkan ­keceriaan bagi konsumen di Indonesia, Honda akan kembali menampilkan ­UNI-CUB ß sebagai salah satu atraksi di booth Honda pada ajang GIIAS 2018. Nantinya, para ­pengunjung booth Honda juga dapat mencoba langsung UNI-CUB ß di ajang tersebut.

Honda UNI-CUB ß tercipta melalui penelitian dan pengembangan terhadap ­robot ASIMO, dengan mengadopsi fitur pengatur keseimbangan dan sistem Honda Omni Traction Drive yang memungkinkan penggunanya untuk bergerak ke depan, belakang dan menyamping dengan ­memposisikan tubuh condong ke arah yang diinginkan.

Didesain dengan bodi yang ringkas, UNI-CUB ß cocok digunakan untuk bermanuver diantara orang-orang di dalam ruangan tertutup seperti kantor dan fasilitas komersial.

Honda UNI- CUB ß memiliki spesifikasi dimensi 510 x 315 x 620 mm dengan berat 25 kg, menggunakan baterai lithium-ion, memiliki kecepatan maksimal 6 km/jam dan jarak jangkauan 6 km yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam pada­ ­kecepatan 4 km/jam.

Sesuai dengan tema booth yang akan diusung pada GIIAS 2018 yakni ­”Accelerating Innovation”, Honda akan membawa berbagai teknologi inovatif seperti mobil listrik pintar, teknologi ­keselamatan terbaru, hingga sebuah model yang akan menjadi world premiere.

”Melalui Honda Gallery, kami ingin menyampaikan bahwa Honda lebih dari sekedar produsen mobil, tetapi juga terus berinovasi membuat beragam teknologi mobilitas di darat, air hingga udara, sesuai dengan semangat Power of Dreams. ­Tentunya kami akan terus membawa­ ­inovasi dan kejutan-kejutan baru melalui berbagai aktivitas ke depan, salah satunya adalah melalui GIIAS 2018,” kata Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM.***

Bagikan: