Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

All New Ertiga Lincah dan Stabil Bermanuver

Asep Budiman

UBUD, (PR).- Dalam sesi tes drive hari pertama di Bali, handling atau pengendalian kemudi All New Ertiga benar-benar teruji. Mobil keluarga ini mampu bermanuver dengan lincah di tikungan tanpa terasa body roll.

Sebanyak 10 unit All New Ertiga yang dibawa awak media berangkat dari Hotel Evitel, Ubud, menuju Danau Batur, Kintamani, pada Senin, 25 Juni 2018. Perjalanan sejauh 37 kilometer itu ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Rute yang ditempuh cukup bervariasi. Kemacetan di tengah kota hingga tikungan dan tanjakan tajam di pegunungan. Performa mesin All New Suzuki Ertiga mampu mengeluarkan tenaga hingga 104,7 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm. 

Oleh karena itu, dorongan tenaga cukup besar sehingga tak terlalu khawatir ketika akan menyalip kendaraan.

Kedap suara



Kekedapan suara di ruang kabin patut diacungi jempol. Klaim pabrikan bahwa kekedapan kabin hingga tiga desibel memang terbukti. 

Meski jalanan yang berlubang menimbulkan sedikit getaran ke ruang kabin, tetapi suara yang masuk relatif sunyi. Suasana sunyi di ruang kabin benar-benar memanjakan penumpang dari kebisingan jalan.

Handling stabil



Suzuki pun membenamkan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan berkendara yang cukup lengkap pada All New Ertiga. Teknologi anti-lock braking system (ABS) mencegah roda mengunci ketika pengereman mendadak. 

Sementara electronic brake-force distribution (EBD) memberikan daya cengkeram ban sesuai dengan kondisi jalan, terutama saat jalanan tak rata dan berkelok-kelok.

Ketika di Floating Restaurant Kedisan Danau Batur, awak media ditantang melakukan zigzag dan memarkirkan All New Ertiga dengan sempurna. Peserta harus menyelesaikan tantangan tersebut seolah-olah tengah membawa bayi. Panitia pun mendudukkan boneka bayi pada kursi baris kedua yang memiliki fitur isofix untuk keselamatan anak. 

Peserta harus melakukan manuver zigzag dan parkir dengan cepat tanpa menyebabkan bayi terjatuh dari kursinya. Tantangan ini benar-benar menguji kemampuan handling, sekaligus fitur isofix, sensor parkir, ABS, dan EBD. Dilengkapi dengan fitur electronic stability programme untuk tipe GX ESP, manuver mobil lebih stabil, aman, dan nyaman.

Dari pengalaman berkendara sesi test drive hari pertama, impresi terhadap All New Ertiga sangat memuaskan. Julukan the new face of urban MPV, pantas disematkan pada mobil keluarga ini. Pada pengujian berikutnya, Otokir Pikiran Rakyat akan menguji sejauh mana keiritan konsumsi bahan bakar mobil dengan 7 tempat duduk ini.***

Bagikan: