Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

All New Ertiga Berubah Signifikan, Ini Fitur dan Harganya

Asep Budiman

BANDUNG, (PR).- All New Ertiga disambut antusias oleh Ertiga Mania Bandung dan masyarakat saat peluncurannya di Paskal 23 Mall Pasirkaliki, Kota Bandung, Jumat 18 Mei 2018. Banyak yang terkesima dengan perubahan signifikan hingga langsung mengisi surat pemesanan mobil.

"Semalam SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sebanyak 52 unit. Belum termasuk hari ini dan besok," tutur Sales and Marketing Manager PT Nusantara Jaya Sentosa, Vicky Yusika, Sabtu, 19 Mei 2018.

All New Ertiga itu memiliki desain konsep yang kuat dan elegan dan dilengkapi berbagai fitur mutakhir. Ubahan tersebut akan memberikan sensasi berkendara yang berbeda untuk keluarga di Indonesia.

Melihat animo yang besar, PT Suzuki Indomobil Sales dan PT Nusantara Jaya Sentosa selaku diler utama untuk Jawa Barat optimistis All New Ertiga akan menjadi kendaraan favorit warga Bandung dan Jabar.

"Harapan kami, ini bisa jadi kendaraan favorit keluarga Bandung dan Jabar. Karena kami telah berkomitmen mengeluarkan produk yang tak hanya value for money, juga kompetitif dan sesuai kebutuhan," kata Marketing Director 4w PT SIS, Donny I Saputra.

Menurut dia, Bandung dan Jabar adalah pasar yang sangat vital. Regional ini menjadi barometer nasional yang berkaitan dengan tren mobil dan lainnya. Dia mengharapkan peluncuran generasi kedua ini bisa sukses di Bandung dan kota/kabupaten lainnya di Jabar.

Spesifikasi dan Konsumsi BBM

Di dapur pacu, performa All New Ertiga disempurnakan dengan mesin baru berkode K15B. Mesin ini memberikan tenaga total 104,7 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm di 4.000 rpm.

Dengan mesin baru ini, performa lebih responsif saat berjalan di berbagai medan dan irit bahan bakar minyak.

Dari segi emisi, All New Ertiga memiliki multi point injection yang sudah berstandar Euro 4 sesuai regulasi pemerintah.

Berdasarkan uji coba Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP), konsumsi BBM terbilang irit. Untuk transmisi otomotis sebanyak 16,37 km/liter dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual.

Soal dimensi, All New Ertiga Iebih panjang 130 mm, lebar 40 mm, tinggi 5 mm dan ringan 50 kg. Desain progresif yang khas pada grille bagian depan dibuat halus, Iebih tinggi, dan lebar dengan sentuhan aksen kombinasi hitam dan krom. Bumper depan tampak Iebih tinggi dan lower grille berintegrasi dengan fog lamps.

Fitur-fitur



Tombol start/stop menggantikan anak kunci sehingga memudahkan pengendara. Socket untuk portal USB 12V disediakan di bagian depan dan konsol tengah untuk penumpang yang ingin mengisi daya ponsel.

Fitur keselamatan, antara lain dual SRS airbag, pengait Isofix untuk keamanan anak kecil, smart entry, immobilizer, dan security alarm. Sistem pengereman Ertiga lama hanya menggunakan antilope braking system (ABS) dan electronic brake force distribution.

Sementara Ertiga baru ditambah electronic stability program (ESP) dan torque control system (TCS) yang mengendalikan laju kendaraan.

Fitur tersebut diklaim akan meningkatkan keamanan berkendara, apalagi bagi pengemudi baru. ESP membantu supaya berbelok lebih aman sehingga tidak terjadi oversteer dan understeer.

Ada pula fitur hill hold control (HHC) yang berfungsi untuk menahan laju kendaraan selama dua detik. Ini memberi waktu kepada konsumen untuk memindahkan dari pedal rem ke pedal gas. Jadi mobil tidak mundur atau bergerak ke bawah saat di turunan.

Pengembangan teknologi pun pada rangka heartect yang lebih ringan. Sasis baru yang lebih ringan ini  bisa menurunkan konsumsi BBM sebesar 5%-6%.

Harga



All New Ertiga di Kota Bandung dibanderol dengan harga Rp 197,5 juta untuk tipe GA, Rp 215,5 juta untuk tipe GL manual. Kemudian, Rp 225 juta untuk tipe GL otomatis, Rp 225,5 juta untuk tipe GX manual, dan 236 juta untuk tipe GX otomatis. Tersedia dengan tujuh pilihan warna, dua di antaranya warna baru.***

Bagikan: