Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.4 ° C

Saat Kabel Gas Motor Matik Seret, Ini yang Bisa Dilakukan

Toni Irawan

MUNGKIN Anda pernah mengalami kejadian dimana tarikan gas pada sepeda motor matik seperti tersendat atau bahkan terasa berat. Ini tentunya membuat Anda merasa jengkel, apalagi jika dialami ketika kita sedang diburu waktu. Sebetulnya apa sih fungsi dari kabel gas itu?

Kabel gas memiliki fungsi untuk menaikkan dan menurunkan volume bakar pada mesin. Mengingat fungsinya sangat vital, tentunya kita harus memperhatikan kondisi kabel gas agar selalu dalam keadaan baik. Kabel gas juga merupakan salah satu komponen sepeda motor yang selalu bekerja saat motor berjalan. Selain bekerja maksimal, kabel gas pun harus lebih enteng saat dioperasikan guna meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Desain motor matik memiliki desain sedikit berbeda jika dibandingkan dengan jenis moped (bebek) dan sport, mesin motor dan roda belakang tersambung langsung dengan v-belt. Jadi ketika tuas gas kita buka maka secara otomatis roda belakang akan berputar. Lalu, apa jadinya jika kinerja kabel gas mengalami masalah? Ini tentunya dapat berakibat fatal.

Bagaimana caranya?



Komponen yang paling bertanggung jawab dalam hal fungsi tarikan gas sepeda motor adalah kabel gas. Khusus untuk motor matik ada beberapa yang harus diperhatikan saat memeriksa kabel gas. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan saat melakukan pemeriksaan kabel gas pada motor matik.

Pertama, lakukan pemeriksaan kabel gas secara berkala. Lakukan pemeriksaan kondisi kabel apakah masih dalam kondisi bagus atau sudah saatnya untuk diganti dengan yang baru. Waspadai adanya bagian yang berkarat, terutama pada bagian kabel as. Ada baiknya segera melakukan penggantian jika kita menemukan ada bagian yang berkarat pada kabel as. Ini dilakukan untuk mengantisipasi jika kabel tiba-tiba saja terputus saat motor sedang kita operasikan.

Kedua, periksa kabel gas dekat tuas gas. Pastikan kondisi kabel gas tidak terpuntir, tertekuk, apalagi hingga terjepit. Untuk mengatasinya yakni dengan sedikit melonggarkan pada bagian klem.

Kerusakan pada bagian kabel gas termasuk jenis kerusakan serius dan alangkah baiknya dalam hal penggantian kabel gas dilakukan di bengkel. Ini untuk memastikan agar dalam hal pemasangan tidak mengalami kesalahan, misalnya gas 'nyantol' yakni kondisi dimana gas tetap pada posisi tarikan penuh dan tidak mau kembali ke posisi semula (posisi awal).***

Bagikan: