Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Umumnya berawan, 20.8 ° C

Nenek Ini Solo Riding ke Tugu 0 KM Sabang Dengan Vespa

Mohamad Ilham Pratama
Rucke Rukmawati berpose di samping Vespa VBB tahun 1964. Wanita yang kerap disapa Mabu ini, akan melakukan perjalanan dari Bandung menuju Tugu Titik 0 Kilometer Indonesia di Sabang, Aceh.
Rucke Rukmawati berpose di samping Vespa VBB tahun 1964. Wanita yang kerap disapa Mabu ini, akan melakukan perjalanan dari Bandung menuju Tugu Titik 0 Kilometer Indonesia di Sabang, Aceh.
BANDUNG,(PR).- Seorang nenek berusia 55 tahun akan mengendarai Vespa seorang diri ke Tugu 0 kilometer di Sabang, Aceh. Perjalanan yang dilakukan wanita ini menggunakan Vespa VBB keluaran tahun 1964, direncanakan ditempuh dalam waktu 10 hari.

Dia adalah Rucke Rukmawati (55). Bagi sebagian besar orang, mungkin belum begitu mengenal dengan sosok nenek yang satu ini. Namun, di kalangan komunitas Vespa, wanita yang akrab disapa Mabu itu namanya sudah santer terdengar.

Mabu memang memiliki kegemaran dengan sepeda motor skuter Vespa sejak lima tahun lalu. Koleksinya pun kini telah lebih dari 10 dari berbagai tahun keluaran, mulai yang tua hingga terbaru.

Pada Senin, 26 Desember 2016 ini, Mabu akan mulai melakukan perjalanan terpanjang dan menjadi sejarah dalam hidupnya. Di usianya yang sudah tua, Mabu bertekad untuk dapat menyambangi tugu 0 kilometer yang jaraknya sekitar 2.000 kilometer dari Bandung.

“Tidak ada alasan untuk pupujieun. Saya memang cinta dengan skuter Vespa dan senang berpetualang. Jawa dan sebagian wilayah Indonesia timur sudah saya sambangi dengan mengendarai sepeda motor, kini saya ingin mencoba ke Sabang seorang diri,” ucapnya.

Wanita yang berprofesi sebagai guru mata pelajaran seni rupa di SMA Negeri 15 Bandung itu akan menggunakan Vespa VBB tahun 1964. Momon, sapaan dia untuk motor itu telah dipersiapkan sekitar satu bulan lalu oleh Revival 889.

Di bengkel tersebut, performa dan kondisi skuter Mabu diperiksa mulai dari mesin dan semuanya. Mabu yang kini tergabung dengan komunitas Casuals Scooter Scene mengaku, perjalanannya ini mengambil tema “From Zero to Zero”. Ia akan berangkat dari titik 0 kilometer Bandung menuju tugu titik 0 Indonesia di Sabang.

“Rencananya, saya dari Bandung akan menuju Lampung. Di Lampung menginap satu malam, dan pagi hari lanjut ke Palembang juga Jambi. Dari Jambi ke Pekanbaru, Riau. Kemudian dari Pekanbaru menuju Medan yang diperkirakan menempuh dua hari. Lalu, dari Medan ke Aceh juga sama dua hari. Dari Banda Aceh saya akan ke Sabang. Seusai dari Sabang baru ke Pidi,” jelasnya.***
Bagikan: