Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan, 20.5 ° C

Ford Uji Coba Mobil Swakendara di Kegelapan

Dede Suhaya
PHOENIX, (PR).- Raksasa mobil asal AS, Ford telah menguji kemampuan kendaraan otonomnya untuk bernavigasi dalam kondisi gelap gulita tanpa lampu.

Mobil-mobil ini menggunakan teknologi penginderaan laser, yang disebut LiDAR, untuk memetakan lingkungan kendaraan dengan cahaya inframerah, yang memungkinkan mobil diarahkan bahkan pada jalan-jalan yang paling berliku.

Ford mengatakan adalah penting kendaraan swakendaranya bisa tetap di jalan pada saat mobil ini tidak dapat menggunakan teknologi kamera karena tidak ada cukup cahaya.

Biasanya mobil driverless Ford menggunakan tiga teknologi penginderaan terpisah, radar, kamera, dan LiDAR, yang bekerja dengan software pengemudi virtual untuk mengarahkan mobil di jalan-jalan.

Namun, seperti dikutip Daily Mail, baru-baru ini, Ford mengatakan mobil juga dapat beroperasi dengan hanya menggunakan LiDAR saat berkendara di malam hari.

Jim McBride, pemimpin teknis Ford untuk kendaraan otonom, mengatakan: "Terima kasih kepada LiDAR, mobil-mobil uji tidak bergantung pada matahari bersinar, atau kamera untuk mendeteksi garis putih di aspal."

'Bahkan, LiDAR memungkinkan mobil otonom untuk berjalan sama baiknya dalam gelap maupun terang," tambahnya.

Untuk menguji teknologi ini, Ford menggunakan kendaraan riset otonom Fusion Hybrid di padang gurun di Arizona Proving Ground.***
Bagikan: