Pikiran Rakyat
USD Jual 14.048,00 Beli 14.146,00 | Langit umumnya cerah, 22.1 ° C

SineCycle, Motor Hemat Energi

Anwar Effendi
KEREN di pameran iptek, keren di jalan.*
KEREN di pameran iptek, keren di jalan.*
CALIFORNIA, (PRLM).- Seorang ahli modifikasi motor asal Swiss merancang ulang sebuah sepeda motor supaya sesuai dengan semangat memakai bahan bakar listrik abad ke-21.Motor elektrik mungkin dianggap 'berpikir maju', 'ramah lingkungan' atau 'amat cepat', tapi mungkin tidak 'keren'.

Mungkin keren di pameran iptek tapi bukan keren yang bisa membuat kita menghargai benda itu secara umum.

Namun hal itu akan berubah, bekas insinyur elektrik asal Swiss bernama Bruno Forcella, yang berhasil merakit motor listrik bernama SineCycle.

Motor ini adalah mimpi orang yang suka memodifikasi motor; menggunakan kerangka yang dijuluki 'The Heist' yang dibuat perusahaan Cleveland Cyclewerks dari Amerika Serikat, dengan setang rendah, roda depan 21 inci dan roda belakang 18 inci, tempat duduk buatan tangan, spatbor yang dimodifikasi dan tangki bensin palsu dicat perak Mercedes, yang mungkin tak diperlukan namun sangat cantik.

Penampilan halus SineCycle datang dari kesederhanaan baterai listriknya. Kebanyakan modifikasi yang dilakukan adalah meniadakan beberapa bagian, yang biasanya dipakai untuk mesin bahan bakar.

Baterai elektriknya adalah motor magnet permanen 2.8 kWh dari Zero Motorcycles, pembuat motor elektrik berkinerja tinggi dari California. Sebagai pengganti mesin V-twin adalah tempat baterai yang dibuat khusus serta pendingin yang sederhana, hitam dan misterius.

Untuk saat ini, hanya tersedia satu SineCycle, dan belum dibolehkan di jalanan. Karena itu, tidak banyak informasi tentang kinerja dan penanganannya, yang tidak dirisaukan oleh pengendara motor bensin. Forcella memiliki kecepatan tinggi 75 mil per jam, tapi hanya bisa menempuh jarak sepanjang 35 mil.

Motor listrik -mulai dari skuter elektrik jaman dulu sampai ke model kinerja tinggi jaman sekarang- kebanyakan memiliki disain berfaedah dan futuristik.

Bahkan LiveWire buatan Harley Davidson yang digembar-gemborkan saat dilepas ke pasar (dan sekarang telat secara komersial) berwarna hitam kasar dari alumunium dan berbentuk tegak yang lebih cocok untuk pergi kerja daripada jalan-jalan ke kasino di akhir pekan.

Forcella telah merangkul jiwa dari seluruh bengkel modifikasi di seluruh dunia, setelah membuat SineCycle dari suku cadang bekas.

Dia telah membuktikan bahwa menjadi ramah lingkungan itu mudah.(bbc/A-147)***
Bagikan: