Demi Partisipasi Indonesia di Ajang Internasional, PABBSI Jabar Resmi Dibubarkan

- 27 September 2020, 19:33 WIB
Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Jawa Barat secara resmi dibubarkan melalui Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) PABBSI Jabar 2020 di Hotel Atlantic City, Jalan Pasirkaliki Kota Bandung, Sabtu, 26 September 2020. /Pikiran-rakyat.com/ARIF BUDI KRISTANTO

PIKIRAN RAKYAT - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Jawa Barat secara resmi dibubarkan melalui Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) PABBSI Jabar 2020 di Hotel Atlantic City, Jalan Pasirkaliki Kota Bandung, Sabtu, 26 September 2020. 

Ketiga cabang olah raga yang sebelumnya bernaung di bawah PABBSI untuk selanjutnya akan membentuk kepengurusan secara terpisah seperti yang sudah dilakukan di tingkat pengurus pusat.

Cabang olah raga angkat besi akan bernaung di bawah Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), angkat berat dinaungi Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABERSI), sementara binaraga berada di bawah naungan Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI).  

Baca Juga: 4 Zodiak yang Suka Berdebat, Leo dan Taurus Cukup Sensitif

Mantan Ketua PABBSI Jabar Sugito mengatakan, pembubaran organisasi PABBSI Jabar ini merupakan hasil dari pelaksanaan musyawarah nasional (Munas) PB PABBSI pada pertengahan 2019 lalu. 

Dalam Munas tersebut diputuskan agar semua kepengurusan provinsi PABBSI di Indonesia dibubarkan dan cabang olah raga angkat besi, angkat berat serta bina raga membentuk kepengurusan masing-masing paling lambat pada 1 November 2020.

Menurut Sugito, apabila masih tergabung dalam PABBSI, utusan Indonesia pada ketiga cabang olah raga itu tidak akan dapat berpartisipasi di kejuaraan tingkat internasional. 

Baca Juga: Live Steraming Trans7: Ambisi Besar Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2020

"Karena pada tingkat internasional juga ketiga cabang olah raga yang sebelumnya tergabung dalam PABBSI sudah memiliki induk organisasi masing-masing,” kata Sugito.

Dia menambahkan, langkah pembubaran PABBSI Jabar dan pemisahan kepengurusan ketiga cabang olah raga di bawahnya sudah sepengetahuan KONI Jabar. Menurut Sugito, KONI Jabar juga meminta agar pembentukan organisasi angkat berat, angkat besi, dan bina raga Jabar segara dilakukan secara legal sehingga bisa diajukan sebagai anggota KONI.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Portal Bandung Timur

OTT KPK Amankan 17 Orang

27 November 2020, 02:00 WIB
X