Nasib Belum Jelas di PON, PB ISSI Tetap Kampenyekan PON Lewat Gowes 2020 KM

- 21 September 2020, 19:45 WIB
KETUA Komite Olimpiade (NOC) Indonesia memimpin rombongan Gowes Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020KM Jakarta-Papua. Etape pertama berjalan dari Jakarta-Purwakarta sejauh 120KM. Program ini merupakan peran aktif PB ISSI untuk pro aktif mengkampanyekan PON XX Papua di daerah-daerah, sekaligus pendekatan untuk PON. /NOC INDONESIA

PIKIRAN RAKYAT - Nasib cabang balap sepeda di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tahun depan masih dibicarakan, namun Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) tetap ingin pro aktif untuk mengkampanyekan gelaran PON XX Papua.

Bentuk sosialisasi yang kini dijalankan oleh PB ISSI adalah Gowes PON 2020 km dari Jakarta ke Papua.

"Ini merupakan salah satu pendekatan kami untuk ikut mengkampanyekan PON ke daerah-daerah. Ketua KONI sendiri sudah memberikan dukungannya. Dari pada debat di media terkait pelaksanaan balap sepeda di PON nanti, kami tunjukan dukungan saja lewat program ini," kata Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari saat dihubungi Pikiran-rakyat.com, Senin, 21 September 2020.

Baca Juga: Bantu UMKM di Indramayu pada Masa Pandemi, Pertamina Gelontorkan Dana Rp1,2 Miliar

Gowes PON 2020 km Jakarta-Papua ini sudah dimulai kemarin. Untuk etape pertama ini, jarak yang telah ditempuh adalah 120 KM, Jakarta menuju Purwakarta.

"Yang melakukan siapa? ya tentu saya. Pokoknya dicicil nanti hingga akumulasi jaraknya bisa mencapai 2020 KM begitu sampai Papua. Etape selanjutnya bisa saja Jakarta-Yogyakarta. Tapi enggak harus mulai dari Jakarta juga. Etape berikutnya, mungkin saya akan menyusul Timnas yang akan kembali ke Yogyakarta ditengah, target jaraknya 200 km," ujar Oktohari.

Menurutnya, bukan hanya dia saja yang akan menjalani program ini. Tapi, di beberapa kota, dirinya juga akan mengajak para stakeholder olahraga Indonesia untuk ikutan gowes.

Baca Juga: Sungai Cibuntu-Sukabumi Meluap, Dua Warga Hanyut Terseret Banjir Bandang

Ketua KONI Marciano Norman ujarnya sudah oke untuk ambil bagian, walau belum ditentukan di kota mana nanti.

"Tidak cuma saya saja, tapi akan ada atlet nasional, komunitas, dan insan sepeda di seluruh nusantara yang bakal ikut terlibat pada kampanye ini. Walaupun negara kita sedang dalam pandemi, kami juga ingin masyarakat tahu bahwa Papua akan jadi tuan rumah PON dan mengajak masyarakat sehat dengan bersepeda," tuturnya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X