Sejumlah Cabor Profesional akan Memulai Kompetisi, Pemerintah Mewanti-wanti

- 18 September 2020, 09:26 WIB
Menpora, Zainudin Amali. /Setkab/dokumentasi

PIKIRAN RAKYAT - Penerapan test PCR swab secara berkala jadi persyaratan penting yang harus dipastikan oleh panitia penyelenggara kompetisi olahraga profesional yang akan bergulir kembali mulai Oktober ini. Para pihak yang terkait dalam pertandingan, harus dipastikan sehat secara fisik dan tidak memiliki pengorbit atau penyakit bawaan.

Seperti yang diketahui dua cabang olahraga akan kembali memulai lanjutan kompetisi profesional mereka kembali. Sepak bola akan menggelar lagi lanjutan kompetisi Liga 1 mulai 1 Oktober mendatang, sementara Liga 2 akan berjalan kemudian pada 17 Oktober.

Lalu, bola basket akan melanjutkan kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) yang sempat terhenti di seri IV di Malang, mulai 13-27 Oktober di Mahaka Square Arena, Jakarta.

Baca Juga: Lia Ladysta Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik, Kuasa Hukum Ajukan Jalur Damai Ke Pihak Syahrini

Pemerintah pun wanti-wanti betul agar jangan sampai kegiatan kompetisi tersebut menjadi kluster baru penyebaran Covid-19. Jangan sampai upaya yang telah dilakukan pemerintah selama ini jadi sia-sia.

"Jangan sampai lanjutan kompetisi ini jadi kluster baru dan akhirnya akan jadi sia-sia upaya pemerintah yang sedang dilakukan. Tapi saya percaya seluruh pimpinan cabor akan memegang teguh komitmen. Semua kegiatan ini akan kami pantau dan saya mohon BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) tetap mensupervisi. Harus ada yang ditugaskan dari BNPB untuk ditempatkan di daerah pelaksanaan pertandingan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam jumpa pers daring usai penandatangan nota kesepahaman penyelenggaraan olahraga aman Covid-19 antara BNPB, Kemenpora, PSSI, dan Perbasi, Kamis 17 September 2020.

Kepala BNPB Doni Murtado menambahkan, bahwa perlu dipastikan seluruh kompetisi sepakbola dan bola basket berjalan tanpa penonton. Ini jadi atensi bagi penyelenggara untuk betul-betul menaati konsensus yang telah dilakukan.

Baca Juga: Teka-teki Masa Depan Luis Suarez, Sempat Terbang ke Italia kemudian Kembali ke Barcelona

"Dan harus dipastikan juga seluruh pemain dan personel melakukan tes PCR Swab. Kami akan memberikan fasilitas dan dukungan kepada penyelenggara maupun unsur pendukung lainnya. Swab test harus dilakukan secara berkala, jadi kita semua dapat memastikan bahwa seluruh peserta dan kegiatan yang terselenggara berjalan dengan aman. Pertandingan olahraga sangat penting, tapi kesehatan seluruhnya, baik itu pemain atau penyelenggara harus jadi prioritas kita," tuturnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X