Vakum 10 Tahun, Kepengurusan NPCI Kabupaten Karawang Akhirnya Kembali Terbentuk

- 16 September 2020, 08:38 WIB
NPCI Kabupaten Karawang.* /

PIKIRAN RAKYAT - Setelah sempat vakum sekitar sepuluh tahun, kepengurusan National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Kabupaten Karawang akhirnya kembali terbentuk. Hal itu memunculkan motivasi baru bagi pemerintah Kabupaten Karawang untuk menggali potensi olahraga disabilitas di daerahnya, agar bisa mengirim kontingen ke ajang Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) Jawa Barat VI 2022.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang Jaeni berharap kepengurusan NPCI Kabupaten Karawang 2020-2024 diharapkan bisa membangunkan potensi olahraga disabilitas daerahnya yang sempat tertidur selama satu dekade.

"Kami atas nama pemerintah daerah juga akan berupaya maksimal untuk memfasilitasi mereka dalam pembinaan," ujarnya seusai membuka Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) NPCI Karawang di Hotel Omega Karawang, Selasa 15 September 2020.

Baca Juga: Puluhan KTP Warga yang Tak Menggunakan Masker di Cirebon Terpaksa Ditahan

Jaeni menambahkan, pengurus yang baru terbentuk kembali itu diharapkan bisa menggali potensi atlet disabilitas Kabupaten Karawang. Soalnya ia yakin bahwa potensi tersebut sangat besar.

"Ke depan mudah-mudahan potensi itu bisa terbina dan terarah dengan maksimal. Dengan begitu ke depan mereka bisa berprestasi dan mengharumkan nama daerah. Selain itu kami berharap Karawang juga bisa menyumbangkan atlet disabilitas potensial untuk berprestasi mewakili Jawa Barat di tingkat nasional dan mewakili Indonesia di tingkat internasional," kata Jaeni.

Meskipun demikian, Jaeni tak menampik bahwa pihaknya masih belum paham terkait potensi olahraga disabilitas di daerahnya saat ini. Oleh karena itu, ia berharap para pengurus NPCI bisa sinergi dengan pemerintah guna memulai langkah baru dalam pendataan dan fasilitasi para atlet yang nantinya terjaring.

Baca Juga: Dituding Pansos Lewat Polemik Jerinx SID, Nora Alexandra Marah-marah di Instagram

Di sisi lain Jaeni mengakui jika keterbatasan anggaran memang bisa membuat dukungan pemerintah tak terhadap pembinaan atlet disabilitas di Karawang tidak akan terlalu optimal di awal kebangkitannya. Namun secara bertahap, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan dukungan tersebut.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X