PBSI Home Tournament, Pemanasan Pelatnas Jelang Turun Kembali di Kejuaraan

- 23 Juni 2020, 17:11 WIB
ILUSTRASI bulutangkis.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – Kondisi pandemi covid-19 membuat PBSI masih mempertimbangkan untuk mengikutsertakan para atlet dalam turnamen di luar negeri, tapi atlet membutuhkan pertandingan untuk pengkondisian setelah menjalani latihan panjang secara tertutup sejak Maret lalu.

Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) pun berinisiatif untuk memberikan wadah kompetisi bagi atlet dengan menggelar "PBSI Home Tournament" selama sebulan.

"Kondisi saat ini kan membuat hampir seluruh turnamen berhenti sementara. Turnamen terakhir sebelum pandemi All England Maret lalu. Meski BWF (federasi bulutangkis dunia) sudah mengumumkan jadwal baru turnamen mulai Agustus mendatang, sejumlah turnamen tetap belum bisa digelar dan akhirnya dibatalkan, seperti Hyderabad Open 2020. Sementara atlet sudah menjalani latihan cukup panjang sejak karantina paska All England kemarin walau sebatas jaga kondisi dan jaga 'feel' bermain. Mereka butuh turnamen untuk pengkondisian persiapan menuju turnamen bila mana dimulai," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto dalam rilis yang diterima Pikiran Rakyat, Selasa, 23 Juni 2020.

Baca Juga: Jawa Barat Tangani Limbah Medis Covid-19 Provinsi Lain

"Home tournament" kerjasama dengan Mola TV ini akan berjalan mulai 24 Juni hingga 24 Juli mendatang di Pelatnas PBSI Cipayung.

Ganda putra akan bertanding pada 24-26 Juni, lalu diikuti ganda campuran 1-3 Juli dan 8-10 Juli tunggal putra. Kemudian berlanjut, 15-17 Juli untuk ganda putri dan terakhir 22-24 Juli  untuk sektor tunggal putri.

loading...

"Inisiatif awalnya datang dari sektor ganda putra. Mereka sudah mulai jenuh berlatih tanpa ada pertandingan. Biasanya mereka melakukan secara mandiri, tapi sektor lain ternyata juga ingin ikut. Karena kalau ada pertandingan mereka biasanya lebih semangat. Sebab, latihan mereka jadi punya tujuan yakni berkompetisi," ungkap Kabid. Binpres PP PBSI Susy Susanti.

Baca Juga: Hindari Kerusakan pada Mesin, Inilah Alasan Mengapa Oli Motor Harus Sering Dibilas

Ditambahkannya, turnamen seperti ini cukup bermanfaat bagi pemain untuk mempersiapkan diri. Sebagai pemanasan ditengah minimnya turnamen di luar di masa pandemi ini.

"Jadi saat mereka turun di turnamen, tidak terlalu kaget lagi. Mereka bisa melatih fokus dan mendapatkan hawa kompetisinya," ujar Susy.
Mulai bertanding

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X