Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam Sulit Cari Makanan Halal, Malaysia Protes

- 14 Mei 2022, 08:33 WIB
Kontingen Indonesia mengeluhkan sulitnya mencari makanan halal selama berada di Veitnam untuk SEA Games.
Kontingen Indonesia mengeluhkan sulitnya mencari makanan halal selama berada di Veitnam untuk SEA Games. /Antara/Zabur Karuru

PIKIRAN RAKYAT – Beberapa ofisial dari kontingen Indonesia kesulitan mendapatkan makanan halal selama mengikuti SEA Games 2021 (2022) di Vietnam.

Wakil Federasi Futsal Indonesia, Iin Nurindra, menceritakan bahwa panitia menggabungkan semua jenis makanan di satu meja sehingga sulit membedakan mana yang halal dan nonhalal.

"Malaysia protes, besoknya dipisah. Sehari masih ada meja terpisah walaupun menunya jadi minoritas misalnya cuma bakmi goreng, nasi sama ayam goreng," ujarnya.

"Mungkin mereka (panitia) bingung halal itu bagaimana. Agak susah, ya, kalau menjelaskan soal halal. Akhirnya kita bilang, 'Pokoknya ayam, jangan pork (daging babi),'" ujarnya.

Baca Juga: Apa Itu Virus Hendra? Perhatikan Gejala dan Cara Mencegah Penularannya

Hal yang sama juga dialami Neneng Nurosi Nurasjati, manajer tim kickboxing Indonesia. Dia mengatakan bahwa makanan halal dan nonhalal di Vietnam sulit dibedakan.

“Baru dua hari lalu ada space untuk umat muslim, tapi itu pun hanya sedikit dan tidak bisa memilih,” ujar Rossi, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada 14 Mei 2022.

Menurutnya, kesulitan mencari makanan halal tidak ditemukan ketika mengikuti SEA Games di Filipina pada tahun 2019.

Meski Filipina merupakan negara dengan penduduk mayoritas non-muslim, namun pihak penyelenggara sudah menyiapkan makanan halal untuk kontingen Indonesia.

Baca Juga: Hasil Semifinal Thomas Cup 2022: Laga Hidup Mati Lawan Jepang, Indonesia Lolos ke Final

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu

Sumber: Antara

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network