Minggu, 31 Mei 2020

Kemenpora Tetapkan Tanggal Pelaksanaan PON XX 2021 Papua

- 14 Mei 2020, 19:52 WIB
Pembangunan Venue PON XX Papua Tahun 2020.* /Dok. Kementerian PUPR

PIKIRAN RAKYAT –  Kemenpora sudah menyetujui pengajuan tanggal pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/Papua.

Sesuai dengam usulan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI Pusat), penyelenggaraan PON tahun depan akan berlangsung pada 2-13 Oktober.

"Usulan tanggal PON sudah ditetapkan di Rapat Terbatas. KONI Pusat pun sudah rapat dengan KONI Provinsi se-Indonesia untuk membahas penyesuaian dengan kondisi terkini dan mereka putuskan akan berlangsung pada 2-13 Oktober. Jadi KONI yang mengusulkan tanggal dan sudah disetujui. Sebab ranah PON ini merupakan kewenangan KONI," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kepada wartawan saat pembukaan program webinar Kemenpora tata kelola media sosial, keuangan, dan investasi, Kamis, 14 Mei 2020.

Baca Juga: Berharap Pariwisata Bergerak di Tengah Pandemi, Kemenparekraf Perkuat Promosi ke Luar Negeri

Dalam rapat KONI Pusat dengan KONI Daerah, Selasa 12 Mei 2020, telah diputuskan beberapa hal selain penentuan tanggal penyelenggaraan. Hal pertama, terkait dengan anggaran.

Mengingat anggaran di 2020 ini diprioritaskan pemerintah untuk penanganan covid-19, maka KONI Pusat menghimbau agar KONI Daerah melakukan koordinasi yang baik dengan pemerintah.

Lalu, hal kedua terkait pembinaan prestasi. KONI Daerah juga harus berkordinasi dengan pimpinan cabang olahraga untuk segera mempersiapkan kontingennya setelah tanggal PON ditetapkan.

Baca Juga: Pemkab Bandung Barat Terapkan Protokol Kesehatan bagi Pekerja Migran yang Pulang Kampung

"Jadi waktu penyelenggaraan ini diambil setelah mempertimbangkan banyaknya kegiatan olahraga di 2021. Kemudian ada perubahan nomeklatur (tata penamaan) berubah menjadi PON XX Tahun 2021.

Tidak ada perubahan jumlah cabang dan nomor yang dipertandingkan. Babak kualifikasi yang sudah dilakukan menjadi acuan, hingga tidak ada pengulangan babak kualifikasi lagi," kata Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X