Minggu, 31 Mei 2020

Bermimpi Saingi Tour de France, Ambisi Donald Trump Tak Kesampaian

- 14 Mei 2020, 10:32 WIB
DONALD Trump (tengah) berpose bersama jajaran pebalap peserta ajang balap sepeda Tour de Trump edisi inagurasi pada 1989. * /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Edisi perdana Tour de Trump dimenangkan pembalap Norwegia Dag Otto Lauritzen dengan meraih jersey pink dan cek senilai 50 ribu dolar AS tepat pada 14 Mei 1989 silam.

Pembalap yang mencapai garis finis di hadapan Trump Plaza Hotel and Casino di Atlantic City, New Jersey, Lauritzen tetap berhasil menjadi juara, kendati jadi urutan paling buncit dari 87.

Baca Juga: Donald Trump Perpanjang Larangan Kerja Sama AS dengan Huawei dan ZTE hingga Mei 2021

Akan tetapi, bagian paling menarik dari ajang tersebut bukanlah soal Lauritzen, melainkan perlombaan balap sepeda itu sendiri, Tour de Trump.

Sebagaimana bisa ditebak dari namanya, perlombaan itu merupakan ajang balap sepeda yang disponsori oleh Donald Trump, pengusaha kondang yang kini menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45.

Baca Juga: Setelah Muncul dan Patahkan Isu Dirinya Meninggal, Kim Jong-un Kini Mendadak Tak Terlihat 12 Hari

Ketika mengumumkan keberlangsungan Tour de Trump pada akhir 1988, Trump secara jelas mematok ambisinya bahwa ajang balap itu akan hadir menyaingi perlombaan lain yang sudah kesohor, Tour de France.

"Saya ingin membuat ajang ini setara dengan Tour de France," kata Trump ketika ditanya proyeksi 10 tahun ke depan dalam wawancara dengan NBC pada 1989, sebelum edisi perdana berlangsung.

Baca Juga: Profesor NASA Ditangkap FBI, Disebut Diam-diam 'Main Mata' dengan Pemerintah Tiongkok

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X