Sabtu, 30 Mei 2020

Tim Basket Putra dan Putri 3X3 Jabar Dinyatakan Sehat

- 2 April 2020, 17:42 WIB
TIM bola basket putra Jabar PON XX 2020, berfoto bersama seusai diperiksa di ruang kesehatan KONI Jabar Jln Padjadjaran Bandung, Kamis 2 April 2020.* /MIRADIN SYAHBANA RIZKY/PR

PIKIRAN RAKYAT - Tim bola basket putra dan putri 3X3 Jawa Barat dinyatakan sehat, setelah mereka melakukan tes kesehatan, di ruang kesehatan KONI Jabar, Jalan Padjajaran Bandung, Kamis 2 April 2020 sore.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jabar, Sadewo mengatakan total tim yang menjalani tes kesehatan mencapai 15 orang.

"Semua itu terdiri dari tim putra dan putri 3X3 ada 12 atlet serta 3 pelatih baik pelatih tim putra maupun tim putri. Tidak semuanya bisa hadir karena berasal dari luar kota. Mereka mengikuti tes kesehatan dan semuanya dinyatakan sehat," ungkap Sadewo seusai pemeriksaan para atlet.

Baca Juga: Jadon Sancho Dikabarkan Jadi Incaran MU, Marcus Rashford: Semoga Bisa Bermain Bersama

Dewo sapaan Sadewo mengatakan kalau tes kesehatan ini dilakukan untuk melihat kondisi atlet putra basket Jabar selama melakukan latihan mandiri. Latihan mandiri digelar untuk mencegah adanya penyebaran pandemi virus Corona Covid-19 yang tengah mengguncang dunia.

"Kita ingin tau kondisi tim putra terkini selama mereka melakukan latihan mandiri dengan tes kesehatan ini kira bisa tau apakah ada yang sakit atau tidak dan juga ini sebagai salah satu pencegahan virus Covid-19," katanya.

Dia mengatakan, walaupun sudah melakukan tes kesehatan bukan berarti tim bisa langsung latihan terpusat. Itu karena, basket yang merupakan olahraga beregu telah mendapatkan anjuran dari tim dokter agar tetap melakukan latihan mandiri. Dengan begitu pihaknya belum bisa melatih kerjasama tim.

Baca Juga: BERITA BAIK: Sudah Ada 112 Orang Sembuh dari Virus Corona di Indonesia

"Tadi kita mendapat imbauan dari tim dokter agar tidak melakukan latihan secara beregu, hal ini sebagai salah satu untuk penyegahan Covid-19," katanya.

Tim Pelatda Basket sendiri akan kembali melakukan tes kesehatan, untuk tim putri 5X5 akan dilakukan Jumat 3 April 2020, di tempat yang sama.

Sementara pimpinan tim dokter KONI Jabar Viktor Purba menuturkan bahwa pemeriksaan kesehatan tim pelatda basket tim PON XX 2020 untuk menjauhkan dari kecurigaan terpapar corona ataupun penyakit lainnya. Menurut dia, pemeriksaan untuk hari pertama telah berjalan lancar.

Baca Juga: Bantuan Jack Ma Sudah Tiba di Jawa Barat, Ridwan Kamil: Semoga Bisnisnya Barokah, Xie Xie

"Alhamdulillah atlet basket dinyatakan sehat tinggal menunggu hasilnya tahapan selanjutnya," katanya.

Dia memeriksa atlet yang diperiksa dari beberapa cabor bahwa dari 100 orang yang diperiksa terdapat 40 orang yang mengalami kesehatannya yang cederung menurun (bukan Covid-19). Menurut dia, ketahanan tubuh mereka turun karena suplay oksigen dan faktor kegemukan pasti sangat mempengaruhi juga asupan gizinya.

"Untuk melihat kebugaran tubuh kita tentunya harus general cek up 1 tahun 2 kali ke laboratorium untuk memastikan bahwa tubuh kita sehat jasmani, bugar dan tentunya bahagia," ujar Viktor Purba.

Baca Juga: Tenaga Medis Berfoto Pakai APD Dituding Hamburkan Anggaran, Sekdis Kesehatan: Tidak Benar

Hal senada dikatakan Ketua pelatih basket putra Co Ricky. Ricky berharap semoga dengan pemeriksaan kesehatan pihaknya bisa mendeteksi sedini mungkin apabila ada problem kesehatan.

"Semoga saja situasi Covid-19 ini bisa segera diatasi agar proses latihan tim bisa berlangsung kembali dengan normal. Sebab sampai saat ini, pelaksanaan PON XX masih tetap berpegangan pada jadwal pelaksaan PON semula yaitu di Oktober 2020. Seandainya ada perubahan jadwal, baru akan dilakukan penyesuaian program latihan," tuturnya.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X