Rabu, 3 Juni 2020

Jadwal Tokyo 2020 Mundur karena COVID-19, Indonesia Pegang Komitmen Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

- 30 Maret 2020, 21:44 WIB
ORANG-orang bermasker wajah mengambil foto api Olimpiade Tokyo 2020 yang dipamerkan di luar stasiun kereta Sendai di Prefektur Miyagi pada 21 Maret 2020 setelah tiba dari Yunani.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah menegaskan komitmennya untuk tetap mengajukan Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032.

Ada penundaan pelaksanaan olimpik maupun tidak, pihaknya tetap mempersiapkan diri baik hal administratif maupun anggaran.

"Komitmen kita untuk bidding Olimpiade 2032 tidak ada perubahan. Mau ada penundaan, kami sudah menginformasikan ke IOC dan Tokyo Olympic Committee.

Sebab kita punya kepentingan yang tidak ingin merepotkan IOC. Anggaran pun sudah disiapkan, besarannya nanti saja," imbuh Sekretaria Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto dalam video conference, Senin 30 Maret 2020 dengan media.

Baca Juga: Harus Izin Kepala Daerah, Karantina Parsial Hanya Sebatas Kecamatan

Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indoensia, Raja Sapta Oktohari menambahkan bisa penundaan olimpiade ini tidak berpengaruh langsung dengan 'bidding' tuan rumah 2032. Bahkan di sisi lain, mungkin menguntungkan. Sebab, melihat jadwal di Tokyo, dia melihat akan sulit untuk melakukan promosi.

"Di Tokyo justru banyak keterbatasan. Sebab, kita belum resmi sebagai calon tuan rumah. Hingga justru penundaan ini memberikan banyak fleksibilitas sebagai peserta untuk promosi," tambahnya.

Baca Juga: Minta Dikremasi, Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal

Dengan adanya penundaan Olimpiade 2020, sebenarnya banyak beban pemerintah terutama terkait anggaran. Belum lagi memikirkan biaya promosi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032, IOC juga harus menghadapi agenda olahraga lainnya yang di 2021 menumpuk.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X