Tahun 2021 Akan Jadi Tahun Sibuk untuk Olahraga Indonesia, Menpora Beberkan Penyebabnya

- 26 Maret 2020, 16:28 WIB
SEMUA Acara Olahraga di Italia Terancam Dihentikan Selama Sebulan /Pexels

PIKIRAN RAKYAT - Tahun 2021 akan jadi tahun yang berat untuk Indonesia dalam hal olahraga. Selain harus mempersiapkan diri untuk persiapan Olimpiade Tokyo 2020 yang digeser pada 2021, Indonesia juga secara bersamaan dalam persiapan tuan rumah Piala Dunia U-20 dan persiapan timnas SEA Games 2021 di Vietnam.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melalui rekaman video yang diterima wartawan, Kamis 26 Maret 2020.

Penundaan Olimpiade 2020 yang diputuskan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, menurut Zainudin, diterima sebagai sebuah putusan meskipun berat.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Jadikan Hotel Grand Cempaka untuk Tempat Istirahat Tenaga Medis

"Bagi Indonesia, agak berat. Karena di 2021, di dalam negeri ada pelaksanaan Piala Dunia U-20, lalu kita juga akan mengikuti SEA Games di Vietnam, berbarengan dengan itu kita juga harus mempersiapkan diri untuk Olimpiade. Jadi tahun depan akan jadi tahun yang sibuk untuk olahraga Indonesia. Meski saya masih optimis semua bisa kita ikuti dengan baik," ujarnya.

Banyaknya kegiatan yang akan dihadapi di tahun depan, konsekuensinya akan sangat besar ke pembengkakan anggaran. Tidak terlalu rinci menjelaskan, tapi Zainudin mengatakan hal itu tidak bisa dielakan.

"Memang ini berkonsekuensi dengan pembengkakan anggaran kita. Apa yang seharusnya sudah bisa selesai di tahun ini, tapi karena ditunda, maka pelatnas berjalan dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi. Apalagi kita harus melakukan pelatihan jangka panjang untuk kegiatan-kegiatan yang akan dihadapi ke depan itu," tuturnya.

Baca Juga: Dari Total 266, Baru 4 Perusahaan Saja di Cimahi yang Lakukan Pembatasan Aktivitas Karyawan

Dirinya meminta agar cabang-cabang olahraga mulai menyesuaikan programnya dan harapannya di tengah-tengah Pandemi virus corona (Covid-19) ini, meski pelatnas berjalan agak lambat, tidak akan terlalu berpengaruh signifikan dengan kesiapan atlet.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X