Selasa, 7 April 2020

Pawai Obor Olimpiade 2020, Tak akan Banyak Libatkan Kontak Fisik Antar Manusia untuk Hindari Wabah Corona COVID-19

- 25 Februari 2020, 09:03 WIB
OBOR Olimpiade 2020 Tokyo dipamerkan di acara Torch Relay untuk menandai 300 hari menjelang penyalaan obor di Tokyo, Jepang, 1 Juni 2019.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Panitia penyelenggara upacara penerangan api obor Olimpiade 2020 Tokyo mulai melakukan langkah antisipasi untuk menghindari sebaran virus corona selama pawai obor dilakukan di Jepang nanti.

Penyalaan api secara resmi dilaksanakan di lokasi Olimpiade Kuno, Yunani pada 12 Maret. Setelah delapan hari estafet di Yunani, obor akan diterbangkan ke Jepang dan diperkirakan tiba di Tokyo pada 20 Maret.

Baca Juga: 188 WNI akan Diobservasi di Pulau Kosong Tak Berpenghuni, Pulau Sebaru Kecil

Presiden Komite Olimpiade Yunani, Spyros Capralos, mengatakan bahwa pemerintah setempat telah mengadakan pertemuan dengan perusahaan ahli bidang manajemen risiko kesehatan sebagai langkah antisipasi apabila terjadi hal buruk yang tak terduga selama parade obor dilakukan.

Antisipasi tersebut dilakukan sebagai langkah preventif penyelenggara dari ancaman sebaran virus COVID-19, mengingat akan ada sekitar 10.000 orang dari berbagai latar belakang dilibatkan dalam pawai obor Olimpiade Tokyo.

Baca Juga: Virus Corona COVID-19 di Tiongkok Dianggap Mulai Mereda, 35 Negara Lain Malah Makin Parah

"Dengan isu yang sedang kita hadapi saat ini, virus corona... Kami telah mengambil langkah-langkah yang pasti. Kami akan melakukan apapun agar tak ada sesuatu buruk terjadi selama perarakan obor," kata Capralos dikutip Reuters, Senin 24 Februari 2020.

Pawai obor Olimpiade akan melibatkan ratusan orang di Yunani dan sekitar 10.000 orang saat tiba di Jepang nanti. Namun penyerahan itu dipastikan tak banyak melibatkan kontak fisik manusia sehingga diperkirakan aman dari wabah virus corona.

Baca Juga: Syuting Mission Impossible: 7 di Italia Ditunda karena Wabah Virus Corona

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X
x