Selasa, 7 April 2020

GBLA Bersolek Jelang Bergulirnya Liga 1, Optimis Bisa Gelar Pertandingan Persib Bandung

- 24 Februari 2020, 16:43 WIB
PARA Pekerja sedang mengecat dan merapihkan salah satu ruangan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin 24 Februari 2020.* /MIRADIN SYAHBANA RIZKY/PR

PIKIRAN RAKYAT - Stadion Gelora Bandung Lautan Api mulai bersolek mempercantik diri jelang gelaran Liga 1 2020, Senin 24 Februari 2020. Stadion kebanggaan warga Kota Bandung yang berada di kawasan Gedebage ini optimis digunakan untuk laga perdana Persib Bandung di musim 2020 menghadapi Persela Lamongan pada Minggu 1 Februari 2020.

Terlebih, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkot Bandung, Eddy Marwoto, memastikan konstruksi Stadion GBLA aman untuk digunakan. Eddy mengatakan, Dispora Kota Bandung sudah menyurati Distaru perihal konstruksi Stadion GBLA untuk mendapat surat layak fungsi atau SLF.

"Surat itu terkait keterangan untuk meyakinkan bahwa Stadion GBLA aman secara struktur. Surat itu menjadi dasar bagi kepolisian untuk bisa mengijinkan Stadion GBLA Bisa dipakai," ujar Eddy di Bandung, Senin 24 Februari 2020.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Risiko Pendarahan, Kenali 3 Efek Samping Mengonsumsi Cengkeh

Eddy menjelaskan, sebenarnya Kementerian PUPR sudah menyatakan bahwa konstruksi utama Stadion GBLA aman secara struktur utama melalui surat yang keluar pada 2015, ditandatangani langsung oleh Menteri PUPR.

Stadion GBLA tak lagi digunakan untuk laga-laga Persib di Liga 1 setelah ditemukan adanya retakan di salah satu bagian stadion. Menurut hasil kajian ahli, kata Eddy, retakan itu tidak terkait langsung dengan stuktur utama Stadion GBLA.

"Retakan itu tidak berkorelasi dengan struktur utama Stadion GBLA. Untuk mengatasinya, nanti dari PT Adhi Karya akan memperbaiki," ucap Eddy.

Baca Juga: Seni Berdakwah, Dosen ISBI Bandung: Bisa Disampaikan Melalui Teater atau Film agar Tak Bosan

Hal senada dikatakan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Kota Bandung Sigit Iskandar. Menurut Sigit, saat ini beberapa tempat di GBLA sedang diperbaiki, dirapihkan dan dicat. Mulai dari area luar sekitar GBLA, kemudian fasilitas umum seperti toilet yang mulai difungsikan kembali hingga pengecetan di ruang ganti pemain.

"GBLA terus kami percantik. Itu menunjukkan kesiapan kami agar GBLA kembali menjadi homebase Persib Bandung. Kami ingin merespon masyarakat yang merindukan menyaksikan laga Persib di GBLA," kata Sigit.

Sigit menuturkan, GBLA dalam minggu ini akan kedatangan tamu dari PT LIB untuk memverifikasi kelayakan Stadion. Oleh karena itu, pihaknya ingin memastikan semuanya berjalan lancar sehingga Persib Bandung bisa menggunakan GBLA satu musim penuh di Liga 1 2020.

Baca Juga: Terlibat Skandal Proyek Meikarta, Mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa Dituntut 6 Tahun Penjara

"Halaman sekarang mulai bersih. Semua ini kita lakukan selama dua minggu terakhir sehingga bobotoh bisa nyaman menyaksikan Persib di GBLA. Sebab ini merupakan arahan Pak Wali Kota Bandung, Pak Wakil Wali Kota sehingga harus kita dan Pak Kadispora respon cepat untuk memenuhi hal itu," tuturnya.

Sigit menambahkan, penggunaan kembali Stadion GBLA bahkan mendapatkan dukungan langsung dari masyarakat dan bobotoh. Mereka menyuarakannya melalui surat pernyataan dukungan yang ditandatangani.***


Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X
x