Minggu, 31 Mei 2020

Sasar Atlet Potensial, Perbakin Siap Blusukan Sampai ke Sekolah

- 26 Januari 2020, 18:16 WIB
Ketua Pengprov Perbakin Jawa Barat Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho kiri) memberikan cendera mata kepada Ketua Umum PB Perbakin Letjen TNI Joni Supriyanto acara pelantikan dan pengukuhan Pengprov Perbakin Jabar di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (25/1/2020).* /ARIF BUDI KRISTANTO/PR

PIKIRAN RAKYAT - Memperkenalkan olah raga menembak hingga ke tingkat sekolah menengah menjadi salah satu prioritas terdekat Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Jawa Barat periode 2019-2023.

Selain rutin menggelar kejuaraan dan mengikutsertakan atlet pada kejuaraan level nasional hingga internasional, program sosialisasi ke sekolah juga diharapkan dapat menjaring atlet-atlet junior berbakat untuk regenerasi tim menembak Jabar.

"Sesuai arahan Ketua PB Perbakin, sosialisasi dan promosi olahraga menembak ini akan kami dorong. Program perbakin masuk sekolah, SMP SMA sudah mulai dilakukan di Tasikmalaya da Purwakarta, daerah lain segera menyusul. Pameran-pameran olah raga menembak di pusat keramaian juga akan kami lakukan, termasuk pendekatan terhadap komunitas difabel karena ada berbagai kejuaran bergengsi untuk kaum difabel juga," kata Ketua Pengprov Perbakin Jawa Barat Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho di sela-sela acara pelantikan dan pengukuhan Pengprov Perbakin Jabar di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu 25 Januari 2020.

Baca Juga: KPK Ultimatum Mantan Sekretaris MA Penuhi Panggilan Penyidik Besok

Penjaringan dan pembinaan atlet sejak usia muda, kata Rudy, menjadi bagian dari upaya Perbakin Jabar untuk menjaga kontinuitas prestasi dan menjadikan Jawa Barat sebagai barometer olah raga menembak nasional.

Dia menegaskan, Perbakin Jabar akan berupaya untuk mempertahankan dominasi pada cabang olahraga menembak level PON. Cabang olah raga menembak di bawah naungan Perbakin Jawa Barat memberikan andil besar dalam keberhasilan kontingen Jabar merajai PON XIX/2016. Para atlet menembak Jabar menyumbangkan 13 medali emas dari 9 emas yang ditargetkan.  

"Pasca PON, tim menembak Jawa Barat juga mampu menjaga dominasi dengan merajai berbagai kejuaraan nasional. Belum lama ini, kami juga kirimkan atlet ke kejurnas di Jakarta dan hasilnya juara umum. Kejuaraan ini harus terus diikuti supaya atlet kita punya pengalaman lebih dan bisa mengasah kemampuan," kata Rudy.

Baca Juga: Dapat Bantuan Dana Lebih, Implementasi UU Jangan Menghilangkan Ciri Khas Pesantren

Mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi tim menembak Jabar, terutama pada ajang PON XX/2020 di Papua, kata Rudy, akan menjadi tantangan utama periode awal kepemimpinannya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X