Minggu, 23 Februari 2020

PON Papua 2020 Dijamin Aman, Gubernur: Kami Sama Seperti Jakarta, Sumatera dan Jawa

- 22 Januari 2020, 07:06 WIB
MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama Gubernur Papua Lukas Enembe, dan jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berfoto bersama sebelum memberikan keterangan pers tentang kondisi terkini persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua, 20 Oktober-2 November mendatang.* /WINA SETYAWATIE/PR

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Daerah (Pemda) Papua menjamin tidak akan ada kendala selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua, 20 Oktober-2 November mendatang. Tidak ada kekhawatiran tentang masalah keamanan maupun akomodasi, Papua menjamin semua akan siap ketika PON dimulai.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga Ketua Panitia Besar (PB) PON, kepada wartawan usai Rapat Koordinasi dengan pihak Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Kemenpora, Jakarta, Selasa 22 Januari 2020.

Menurut Lukas kondisi di Papua sama dengan wilayah Republik Indonesia (RI) lainnya, aman dan tidak ada yang perlu ditakutkan.

Baca Juga: Praperadilan Eks Sekretaris MA Ditolak, KPK Ingatkan Nurhadi Kooperatif

"Papua sama dengan Jakarta, Sumatera, Jawa dan lain-lain. Kenapa ditakutkan? tidak ada masalah untuk Papua. Papua siap menjadi tuan rumah karena memang kita ini ada dalam NKRI, di mana pun dalam NKRI TNI. Papua adalah paling aman untuk dilaksanakan PON dan pasti sukses," ucapnya penuh percaya diri.

Sekata dengan Lukas, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun mengaku tidak khawatir dengan kondisi keamanan di Papua. Masyarakat Papua pun menurut laporan Lukas, dinilai sudah sangat siap untuk menggelar PON.

Sejauh ini, seluruh persiapan terutama penyiapan sarana dan prasaran pertandingan hampir selesai 90 persen. Saat ini, ujar Lukas, adalah untuk mengecek apakah masih ada kekurangan. Bila ada, masih ada waktu untuk memperbaiki.

Baca Juga: Demi Medali Olimpiade 2032, ISSI Gandeng Konsultan Asing

"Saat ini yang dikebut adalah masalah promosi. Kami sudah bicara dengan Menpora agar perlu meningkatkan promosi. Untuk venue, jika sudah selesai akan dilakukan tes event. Apa saja cabor yang akan melakukan test event, nanti KONI yang akan mengatur," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X