Minggu, 23 Februari 2020

PON Papua 2020 Dikabarkan Ditunda, Jokowi: Ini Bukan Hanya Pesta Olahraga

- 18 Januari 2020, 16:15 WIB
Rapat terbatas PON Papua.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Beredar isu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua terancam tertunda pelaksanannya yang hanya tinggal beberapa bulan lagi.

Menanggapi hal ini Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Dispora) Provinsi Papua Alexander Kapisa mengemukakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar pihak-pihak terkait segera menindaklanjuti isu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 yang tertunda.

Menurut Alexander Kapisa berdasarkan pemaparan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di hadapan Presiden Joko Widodo, ada tiga isu tertunda yang disampaikan, yaitu terkait akomodasi, pengadaan peralatan pertandingan serta pembiayaan.

Baca Juga: Sebelum Meninggal Dunia, Ade Irawan Sempat Ungkap Firasatnya pada Mayki Wongkar

"Berkaitan dengan isu yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Papua tersebut, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran kabinet dan TNI-Polri untuk segera memikirkan bagaimana cara mengatasi tiga isu utama tersebut," katanya dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Menurut Alexander, pada Jumat 17 Januari 2020 Presiden Joko Widodo memimpin langsung Rapat Terbatas Pembahasan Persiapan Pelaksanaan PON XX/2020 Papua di Istana Presiden Jakarta.

"Dalam pembukaannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa PON XX ini bukan sekedar pesta olahraga," ujarnya.

Baca Juga: Bekerja di Pertamina Penuh Risiko, Menaker: Harus Jadi Teladan

Dia menuturkan Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa semangat yang menyertai PON adalah semangat untuk menjalin persaudaraan, persatuan dan solidaritas antardaerah.

"Presiden Joko Widodo, setelah menyimak pemaparan dari Wakil Gubernur Papua tentang kemajuan persiapan venue dan penyelenggaraan PON pada Oktober nanti optimistis bahwa even olahraga nasional ini tetap akan dilaksanakan tepat waktu," katanya.

Dia menambahkan Wakil Gubernur Papua sudah menjelaskan dengan detail persiapan-persiapan yang terus dilakukan, seperti penyiapan venue, infrastruktur pendukung PON, misalnya akomodasi dan transportasi serta peralatan pertandingan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Facebook Seharusnya Tak Beli WhatsApp, Pengumpulan dan Eksploitasi Data Lebih Sering Terjadi

"Dari penjelasan inilah kemudian Presiden Joko Widodo meminta kepada semua jajaran kabinet untuk membantu kesuksesan PON 2020 di Papua," tuturnya.***


Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X