Selasa, 31 Maret 2020

Pencak Silat Jadi Warisan Dunia, Ridwan Kamil Siapkan Syukuran Akbar

- 22 Desember 2019, 21:09 WIB
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil menerima tumpeng syukuran dari Ketua Umum IPSI Jabar Phinera Wijaya dalam pertemuan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu, 21 Desember 2019.*/ARIF BUDI KRISTANTO/PR /

PIKIRAN RAKYAT - Pencak silat sudah diakui United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization ( UNESCO) sebagai warisan budaya tak benda dunia pada Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage (IHG) di Bogota, Kolombia 9-14 Desember 2019.

Sebagai bentuk rasa syukur, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana untuk menggelar acara syukuran akbar.

"Dengan pengakuan (dari Unesco) itu, syukur alhamdulillah,peradaban kita akan turut dilestarikan oleh dunia. Ini harus dirayakan karena mungkin tidak akan terjadi 100 tahun sekali," ujar Ridwan Kamil saat menggelar pertemuan dengan Pengurus Provinsi Ikatan Pencak silat Indonesia (IPSI), Jawa Barat di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu, 21 Desember 2019.

Baca Juga: Pencak Silat dari Indonesia, Silat dari Malaysia

Ridwan menegaskan, pencak silat sangat layak dilestarikan sebagai warisan budaya dunia.

loading...

Sesuai argumentasi yang dia sampaikan di hadapan sekitar 1.000 anggota majelis di Unesco Paris saat menjadi delegasi Indonesia pada 2017 lalu, kata Ridwan, pencak silat memiliki empat ekspresi kebudayaan yang tidak dimiliki kebudayaan lain.

"Dalam pencak silat ada seni bela diri, kemudian ada seni musik tak semua bela diri punya musikal khusus satu set dengan nayaganya. Lalu ada seni ibingnya dan keempat ada seni busananya. Hanya pencak silat yang memiliki empat aspek budaya itu dalam satu kegiatan budaya," kata Ridwan pada pertemuan yang juga dihadiri pimpinan Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Jabar.

Ridwan mengatakan, pengakuan Unesco terjadi berkat kontribusi banyak pihak yang melakukan lobi, termasuk IPSI Jabar yang beberapa kali mengirim delegasi.

Dia menambahkan, syukuran atas pengakuan Unesco terhadap pencak silat itu akan digelar dalam waktu dekat.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X