Kamis, 23 Januari 2020

Kabar Baik! Pencak Silat Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO

- 13 Desember 2019, 14:00 WIB
Seni Bela Diri Pencak Silat.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Kabar baik datang dari sidang ke-14 Interngovernmental Commitee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang karena pencak silat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO.

Konfrensi ini berlangsung di Bogota, Kolombia yang berlangsung dari 9 Desember sampai 14 Desember nanti yang membahas berbagai macam warisan dunia salah satunya pencak silat.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Surya Rosa Putra mengatakan resmi bahwa terhitung mulai pukul 10 pagi waktu Bogota, Kolombia, Pencak silat sudah resmi masuk list warisan budaya dunia tak benda UNESCO.

Baca Juga: Jelang Libur Akhir Tahun 2019, Simak 6 Tips Persiapan Liburan Berikut

Terdapat juga 42 nominasi lain untuk diinskrpsi sebagai Warisan Budaya Takbenda yang dibahas pada sidang tersebut, termasuk tradisi pencak silat yang berasal dari Indonesia.

Menurut Surya, tradisi pencak silat bukan hanya sekedar bela diri, melainkan merupakan jalan hidup bagi para pelakunya.

"Pencak silat mengajarkan kita untuk dapat menjalin hubungan baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan," tutur Surya.

Baca Juga: Kota Bogor Dikelilingi Ancaman Longsor, tetapi Sistem Peringatan Dini Hanya Satu

"Meskipun pencak silat mengajarkan teknik menyerang, namun yang terpenting pencak silat mengajarkan kita untuk dapat menahan diri dan menjaga keharmonisan" lanjutnnya.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X