Deretan Rekor di SEA Games 2019, Atlet Indonesia Banyak Ukir Sejarah

- 12 Desember 2019, 17:40 WIB
PELARI Indonesia Agus Prayogo mencium medali emas saat menjuarai nomor maraton putra SEA Games 2019 di Stadion Atletik New Clark City, Clark, Filipina, Jumat 6 Desember 2019. Agus berhasil menyumbangkan medali emas pertama cabang atletik setelah menyelesaikan lomba sepanjang 42km itu dalam waktu 2 jam 26 menit 48 detik.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Lantunan musik Black Eyed Peas jadi hiburan pamungkas dalam acara penutupan SEA Games 2019 yang berlangsung di New Clark City Athletic Stadium, Filipina, Rabu 11 Desember 2019.

Para atlet yang hadir larut dalam euforia kemenangan, terlebh mereka yang mencetak rekor di SEA Games 2019.

Sebagaimana yang dikutip pikiran-rakyat.com dari ANTARA, beberapa Atlet Indonesia tercatat pecahkan rekor dunia pada pesta olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara. Sosok pertama pemecah rekor bernama Windy Cantika.

Baca Juga: Dapat Kucuran Dana Terbesar di Jawa Barat, Rekam Jejak Korupsi di Tasikmalaya Jadi Sorotan

Atlet angkat besi itu sukses merebut medali emas SEA Games 2019 untuk kelas 49 kg, sekaligus melampaui tiga rekor dunia pada angkatan snatch 86 kg, clean and jerk 104 kg dan total angkatan 190 kg. Hebatnya, Windy meraih rekor tersebut saat umurnya baru 17 tahun.  

Atlet pemecah rekor selanjutnya datang dari cabang olaharga (cabor) renang dan atletik.

Dari cabor renang SEA Games 2019, I Gede Siman Sudartawa menembus rekor dalam nomor 50 meter gaya punggung puta. Putra Bali memperbaiki catatan rekornya dari 25,20 detik menjadi 25,12 detik.

Baca Juga: Arus Mudik Natal dan Tahun Baru Diprediksi Dimulai 21 Desember, LMS: Jumlah Kendaraan Bisa Mencapai 85 Ribuan per Hari

Berikutnya, ada Sapwaturrahman Sanapiah Arsyad yang mengukir rekor baru di nomor lompat jauh putra.

Atlet cabor atletik itu melompat sejauh 8,03 meter. Jauh melampaui rekor Hendry Dagmil, atlet Filipina dengan lompatan 7,87 meter.

Di luar raihan rekor atlet Tanah Air dalam SEA Games 2019, atlet negara lain pun mencatat rekor baru di Sea Games 2019.

Baca Juga: Ayo Cari dan Olah Limbah Elektronik, Punya Harga Jual Tinggi

Misal dalam cabor atletik. Dari tujuh kali pemecahan rekor, empat kali diukir oleh atlet Filipina, dan dua kali oleh atlet Thailand.

Sementara pada cabor renang, atlet-atlet Singapura paling banyak pecahkan rekor. Dari 22 kali pemecahan rekor, 16 kali dilakukan oleh para perenang Singapura.

Sisanya tiga kali milik atlet Vietnam, dan masing-masing satu kali oleh Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Baca Juga: Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto Jadi Guru Besar Kewirausahaan

Rekor dalam cabor renang paling banyak dicetak oleh perenang putri Singapura, Quah Ting Wen.

Dia lampaui rekor sebanyak enam kali. Tiga kali didapat pada nomor perorangan, dan sisanya dari nomor estafet.

Sepanjang perhelatan SEA Games 2019 tercatat ada 31 rekor baru yang tercipta, khususnya di cabang olahraga renang dan atletik.***

 

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X