Dua Pecatur Asal Jawa Barat Sumbang Medali Emas di SEA Games 2019

- 9 Desember 2019, 17:32 WIB
PECATUR Medina Warda Aulia berfoto saat pengalungan medali di Manila, Minggu 8 Desember 2019.* /DOK PERCASI

MANILA (PR)- Dua pecatur asal Jawa Barat telah berhasil membuat tim catur Indonesia keluar sebagai juara umum setelah merebut 2 medali emas pada cabang olahraga (cabor) catur SEA Games 2019 di Subic, Filipina, Minggu 8 Desember 2019 sore.

Dua medali emas Indonesia di SEA Games 2019 sendiri diketahui didapat oleh GM Susanto Megaranto yang tampil di nomor catur kilat putra dan WGM Medina Warda Aulia yang tampil pada nomor catur kilat putri.

Di nomor catur kilat putra, GM Susanto Megaranto diketahui telah mengumpulkan total 5,5 poin mengalahlan pecatur asal Vietnam, Le Quang Liem, yang hanya mengumpulkan 5 poin.

Baca Juga: Wacana Revisi Materi Khilafah dan Jihad Dianggap Tidak Perlu

Sedangkan Medina Warda Aulia telah berhasil meraih medali emas SEA Games 2019 setelah mengalahkan rekan satu negaranya Chelsie Monica Ignesias Sihite usai mengumpulkan total 7,5 poin. Adapun total poin Chelsie di nomor catur kilat putri yakni 7 poin.

Dengan mengoleksi 2 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu, maka Indonesia berhak keluar sebagai juara umum di SEA Games 2019.

Mengingat Thailand, Singapura, dan Malaysia masing-masing hanya mengumpulkan 1 emas. Vietnam yang diunggulkan hanya mengumpulkan 2 perak dan 3 perunggu.

Baca Juga: Pelaku Pembobolan ATM Diduga Masih Amatiran, yang Diambil Uang Rusak

Menanggapi hasil tersebut, Ketua umum Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jabar Deni Nurdyana mengaku bangga atas capaian yang sudah si raih oleh para atletnya.

"Alhamdulillah, saya turut berbangga karena kedua atlet catur kita telah menyumbangkan medali emas dan membawa Indonesia menjadi juara umum catur di SEA Games 2019 Filipin, GM Susanto Megaranto di perorangan putra dan WGM Medina Warda Aulia di perorangan putri," kata Deni saat dijumpai di Gedung KONI Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Senin 9 Desember 2019.

Tisak lupa ia juga turut mengapresiasi hasil perjuangan atlet lainnya yang tampil di nomor ekabisi SEA Games 2019.

Baca Juga: Jokowi: Pendidikan Antikorupsi Harus Ditumbuhkan Sejak Dini

loading...

"Sebelumnya Irene juga mendapat medali emas di nomor eksebisi dan tentunya atlet catur jawa barat juga," katanya.

Ia berharap dengan pencapaian teraebut, Pengprov Jabar bisa terus melahirkan para atlet masa depan melalui pembinaan yang sudah berjalan secara berkesinambungan.

"Ini tentunya pembinaan secara estapet yang dilakukan dari daerah ke provinsi dan ke pusat sangatlah baik dan berkesinambungan. Mudah-mudahan di PON 2020 nanti mereka bisa kembali membawa harum nama Jawa Barat," katanya.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X