Menang Mutlak, Iwan Bule Pimpin PSSI

- 3 November 2019, 12:46 WIB
KETUA Umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menyampaikan konferensi pers usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Sabtu, 2 November 2019. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu terpilih menjadi ketua umum PSSI untuk periode 2019-2023 setelah meraih 82 suara dari 85 pemilik suara (voter).*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 berdasarkan hasil pemilihan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu, 2 November 2019. Dalam pemungutan suara yang dilakukan 86 voters PSSI untuk 11 kandidat ketua, Iriawan unggul mutlak dengan raihan 82 suara.

Kongres dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan12  Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk periode 2019-2023 diikuti 86 pemilik suara yang terdiri dari 34 perwakilan Asosiasi Provinsi, 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3 hasil dari kompetisi 2018, Federasi Futsal Indonesia, dan Asosiasi Sepak Bola Putri. Selain 82 voter yang memilih Iwan, tiga suara dianggap tidak sah dan satu voters tidak ikut memilih alias walk out yakni perwakilan Persis Solo.

"Hasil kongres hari ini bukan soal kemenangan saya, melainkan kemenangan insan sepak bola Indonesia. Kita semua tentunya bertekad untuk memajukan sepak bola yang amat kita cintai ini. Kita juga bersyukur bahwa kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 nanti dan harus kita persiapkan maksimal dari sekarang," ujar Iwan kepada wartawan di sela-sela kongres.

Setelah terpilih, Iwan mengatakan sudah mendapatkan telefon ucapan selamat dari Presiden FIFA, AFC, hingga dari AFF. 

"Intinya presiden FIFA mengucapkan selamat atas terpilihnya saya. Beliau berharap sepak bola Indonesia bisa lebih maju di bawah pimpinan saya dan beliau bilang sudah bertemu dengan Presiden Jokowi. Dari AFC dan AFF juga sudah (telefon)," kata Iwan yang merupakan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional itu.

Dia mengatakan fokus terdekatnya pascaterpilih sebagai Ketua Umum PSSI adalah mencurahkan perhatian lebih kepada tim nasional untuk ajang SEA Games 2019 di Filipina. 

"Ada target, harus dipacu, mudah-mudahan bisa ke final, syukur kalau menang. Yang pasti kita harus beri perhatian besar ke tim SEA Games ini," kata Iwan.

Penentuan pelatih tim nasional juga menjadi prioritas terdekat Iwan. Dia mengatakan, PSSI akan segera mengkaji sejumlah nama untuk kemudian ditentukan menjadi pelatih tim Garuda.

"Beri saya waktu satu dua hari ini untuk mendalami. Aspirasi soal Luis Milla, ada juga eks pelatih Korea, ada beberapa pelatih kita (Indonesia) juga. Akan kita pertimbangkan dari berbagai aspek, belum tentu (pelatih) asing," kata mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X