Jabar International Marathon 2019 Ditargetkan Lebih Akbar

- 29 Oktober 2019, 17:37 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Lomba lari Jabar International Marathon 2019 dipastikan akan digelar di kawasan wisata Pantai Pangandaran, Minggu, 1 Desember 2019. Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat menargetkan edisi kedua Jabar International Marathon ini melibatkan lebih banyak peserta dari dalam maupun luar negeri.

"Kami akan upayakan agar Jabar International Marathon yang kedua ini lebih baik dalam segala hal dari pelaksanaan edisi pertama pada 2018 lalu. Antusiasme para pelari untuk menyambut kejuaraan ini juga bertambah besar," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Engkus Sutisna di Bandung, Senin, 28 Oktober 2019. 

Menurut Engkus, pelari yang sudah mendaftar mengikuti gelaran JIM 2019 sudah mencapai 800 orang. Bukan saja pelari asal dalam negeri, pelari dari luar negeri pun akan meramaikan kejuaraan ini.

Selain menjadi arena kompetitif untuk para pecinta lari lintasnegara, kejuaraan skala internasional ini dirancang untuk menumbuhkan pariwisata kawasan Jawa Barat bagian selatan dengan destinasi utama Pangandaran.

Pangandaran dipilih sebagai lokasi permanen Jabar International Marathon (JIM) lantaran memiliki keragaman lokasi wisata yang menarik bagi banyak orang, terutama para peserta lari

”Antusiasmenya bagus. Sudah banyak pelari dari sedikitnya enam negara luar yang bakal ikut. Mereka diantaranya berasal dari daratan Afrika seperti Kenya, Angola, Ethiopia, dan Malaysia. Kami targetkan lebih akbar dari yang pertama, dari jumlah peserta  JIM 2019 targetnya diikuti 2000 pelari, semoga bisa tercapai,”  kata engkus. 

Rute di sepanjang garis Pantai Pangandaran

Sama seperti edisi 2018,  JIM 2019 akan mengambil rute sepanjang garis pantai Pangandaran dengan titik start dan finish di pantai barat Pangandaran.

Engkus mengatakan, lomba lari JIM 2019 akan menjadi rangkaian kegiatan besar yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui Dispora Jabar di tahun 2019.

"Bukan sekadar kompetis lari, JIM pastinya akan menawarkan daya tarik lain bagi pelari dengan suguhan pemandangan pesisir pantai serta kearifan lokal masyarakat Pangandaran. Rencananya, JIM 2019 ini akan resmi di-launching oleh Pak Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) pada 30 Oktober 2019 nanti di Gedung Sate. Semoga gelaran tahun ini bisa lebih sukses,” ujar Engkus.

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X