Sabtu, 6 Juni 2020

Tambah Jarak Tempuh jadi 200K, Pelari ITB Ultra Marathon 2019 Justru Membludak

- 3 Oktober 2019, 23:50 WIB
ILUSTRASI lari.*/DOK. PR

 

JAKARTA, (PR).- Lari maraton kategori ekstrem dengan jarak lebih dari 42,1KM bertajuk Ultra Marathon, kembali digelar oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) berkerjasama dengan Yayasan Solidarity Forever pada 11-13 Oktober 2019 ini. Di tahun penyelenggaraan ketiga ini ada penambahan jarak tempuh 30 kilometer (K), menjadi total 200K Jakarta-Bandung.

Bukan hanya jarak yang bertambah, antusias peserta pun semakin membludak. Jumlah peserta naik tiga kali lipat dari peserta sebelumnya, menjadi 6.000 peserta.

Lomba lari ini merupakan rangkaian kegiatan yang didedikasikan untuk ITB yang akan berulang tahun ke-100 pada tahun depan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Pelaksana Gatot Sudariyono dalam jumpa pers di Kantor Pusat BNI di Jakarta, Rabu, 3 Oktober 2019. 

"Awalnya memang ditujukan untuk para alumni ITB, namun kemudian dalam perkembangannya di tahun kedua banyak peminat dari umum yang ingin ambil bagian, karena ini banyak tantangannya. Tahun ini banyak perubahan, mulai dari jarak tempuh, rute, hingga jumlah peserta. Tim paling senior yang akan ambil bagian untuk nomor relay adalah alumni ITB angkatan 70-an dengan usia rata-rata 67 tahun," katanya.

Lima nomor

Perubahan di tahun ini merupakan hasil evaluasi penyelenggaraan tahun lalu dengan melibatkan respon dari peserta. Di tahun ini ada lima nomor yang dipisahkan menjadi dua kategori. Kategori lomba akan memperlombakan nomor individi yang berlari maraton full 200K.

Nomor ini diikuti oleh 75 pelari, dengan rincian 30 putri dan 45 pelari putra. Lalu ada nomor estafet (2 orang) dan relay mixed team yang masing-masing diikuti oleh 50 tim.

"Untuk relay mixed, setiap tim akan diikuti oleh 4 pelari dengan rata-rata berlari sejauh 50k. Untuk nomor lomba ini akan memperebutkan sejumlah hadiah uang tunai. Untuk juara satu akan mendapatkan uang senilai Rp 30 juta, lalu peringkat kedua Rp 20 juta, dan posisi ketiga Rp 15 juta," kata Gatot.

Lalu, dua nomor lainnya akan dilombakan di kategori khusus yang hanya diikuti oleh Alumni ITB. Ada nomor relay 9 orang dengan jarak tempuh masing-masing 20-21K per pelari dan relay 18 orang.

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X