Sabtu, 30 Mei 2020

Dua Sukses Besar Indonesia di Asian School Games 2019

- 24 Juli 2019, 05:27 WIB
KONTINGEN Indonesia mencatatkan dua sukses di ajang ASEAN School Games (ASG) 2019. Selain menjadi juara umum, juga perolehan medali terbanyak sejak 2009.*/WINA SETYAWATIE/PR

SEMARANG, (PR).- Indonesia mencatatkan dua sukses di ajang ASEAN School Games (ASG) 2019. Bukan hanya berhasil menjadi juara umum, namun juga berhasil mencatatkan pencapaian medali terbanyak sejak keikutsertaannya di multievent olahraga pelajar se-Asia Tenggara 2009 lalu. 

Ini merupakan kali kedua Indonesia sukses menjadi juara umum, setelah sebelumnya di ASG 2015 lalu di Brunei. Ketika itu, Indonesia bahkan hanya menghasilkan total 59 medali.

Kali ini, ada peningkatan signifikan dari pencapaian sebelumnya di Brunei, yakni total 102 medali. Rinciannya, 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu. 

Komandan Kontingen Indonesia, Yayan Rubaeni dalam jumpa pers di Hotel Patra Jasa, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 23 Juli 2019 menyatakan rasa syukurnya. Bagi Indonesia, pencapaian ini ujarnya merupakan sejarah. Karena di ASG kali ini, Indonesia sukses memperbaiki pencapaiannya. 

"Dua tahun lalu kita menempati posisi runner-up, kali ini Alhamdulillah berhasil merebut juara umum. Ini sukses kali kedua, karena dari ASG 2009 digelar hingga saat ini, edisi 2019 ini merupakan pencapaian terbesar. Saya tentu mengapresiasi besar atas perjuangan para teman-teman cabor dalam melakukan pembinaan. Apalagi dalam kontingen kali ini ada 4 atlet termuda berusia 14 tahun yang ambil bagian. Hasil ini melebihi target yang diharapkan," ujarnya. 

Melampaui target

Beberapa target yang menurutnya melebihi pencapaian antara lain renang. Dari target 12 medali emas, ternyata justru mampu memperoleh 13 medali emas.

Kemudian atletik, yang awalnya hanya 8 medali emas, melesat menjadi 11 medali emas pencapaiannya. Bahkan atletik sukses memecahkan 9 Rekor Nasional Junior. 

Bulutangkis yang awalnya hanya dua medali emas saja targetnya, kali ini membuat sejarah baru dengan menyapu bersih seluruh nomor. Total ada 7 emas yang diperoleh, 5 dari nomor individu tunggal putra putri, ganda putra putri, dan ganda campuran. Serta dua emas dari nomor beregu, dimana Indonesia sukses kawinkan gelar. 

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X