Senin, 9 Desember 2019

Didukung Penuh Pemprov, NPCI Jabar Optimistis Pertahankan Juara Umum Peparnas 2020 Papua

- 21 Juni 2019, 14:45 WIB
PELANTIKAN Pengurus NPC Jabar di Hotel Grage Sangkan, Kuningan, Kamis 20 Juni 2019 petang.*/HANDRI HANDRIANSYAH/PR

KUNINGAN, (PR).- National Paralympic Committee (NPC) Jawa Barat tetap optimistis mempertahankan gelar juara umum Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua 2020. Terlebih, setelah Pemerintah Provinsi Jabar menyatakan dukungan penuh untuk target tersebut.

Ketua NPC Jabar Supriatna Gumilar mengatakan, optimisme tetap tertanam karena Jabar memang memiliki atlet paralimpik yang mumpuni dari segi kuantitas maupun kualitas.

"Selain itu, alhamdulillah, Pemprov Jabar sudah berkomitmen memberikan dukungan penuh dalam berbagai segi, termasuk anggaran," ujarnya seusai acara Pelantikan Pengurus NPC Jabar di Hotel Grage Sangkan, Kuningan, Kamis 20 Juni 2019 petang.

Supriatna Gumilar mengatakan, persiapan kontingen Jabar untuk pelatda Peparnas XVI 2020 sedikit terlambat dibandingkan persiapan Pelatda Peparnas XV 2016. Hal itu disebabkan keterlambatan dan belum idealnya hibah dari Pemprov Jabar dalam anggaran murni 2019.

Meski demikian Supriatna Gumilar menegaskan, waktu yang terisa masih cukup panjang untuk persiapan kontingen yang matang. NPC Jabar berencana memulai persiapan dengan tahapan seleksi atlet pada Juli 2019.

"Seleksi akan digelar dalam bentuk Kejuaraan Daerah. Nantinya akan diikuti oleh para atlet berprestasi dari ajang Peparda V 2018, atlet nasional, dan atlet-atlet potensial lainnya," kata Supriatna Gumilar.

Menurut dia, optimisme NPC Jabar juga tak lepas dari adanya sekira 75 atlet mereka yang kini menghuni pelatnas ASEAN Para Games 2020 Filifina.

Jumlah itu kembali menjadikan Jabar sebagai provinsi penyumbang atlet pelatnas paralimpik terbesar setelah sebelumnya menyandang titel yang sama pada pelatnas Asian Games 2018 Jakarta dan ASEAN Para Games 2017 Malaysia.

Optimisme tersebut disambut baik Wakil Gubernur Jabar Uu Rhuzanul Ulum. Uu berjanji bahwa Pemprov Jabar akan memberi dukungan penuh dalam segala hal agar gelar juara umum Peparnas tetap menjadi milik Jabar di Papua 2020 nanti.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X