Selasa, 10 Desember 2019

Lee Chong Wei Pensiun dari Bulu Tangkis

- 13 Juni 2019, 18:06 WIB
LEE Chong Wei melambaikan tangannya seusai konferensi pers di Putrajaya, Malaysia. Lee yang telah selama 19 tahun berkarier di dunia bulu tangkis serta sempat menjadi peringkat satu dunia selama total 348 minggu tersebut memutuskan untuk menggantung raketnya karena menderita penyakit kanker.*/REUTERS

JAKARTA, (PR).- Bintang bulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei mengumumkan pensiun dari olah raga yang telah membesarkan namanya.

Seperti dilaporkan AFP, dilansir Kantor Berita Antara, Kamis, 13 Juni 2019, mantan pemain nomor satu dunia yang terkena kanker itu mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis ini. Ia mengakhiri karir yang cemerlang di mana ia mengumpulkan banyak penghargaan tetapi tidak pernah memenangi juara dunia atau Olimpiade.

"Keputusan saya untuk pensiun adalah keputusan yang berat. Saya sangat menyukai olahraga ini. Tetapi ini adalah olahraga yang menuntut. Saya berterima kasih kepada semua warga Malaysia selama 19 tahun terakhir," kata Lee, Chong Wei (36), yang berlinang air mata, pada konferensi pers.

Pebulu tangkis kelahiran 21 Oktober 1982 itu menempati peringkat satu dunia selama 199 pekan mulai 21 Agustus 2008 hingga 14 Juni 2012, sebelum sakit membuat peringkatnya menurun drastik hingga saat ini 199 dunia.

Sepanjang karirnya ia mengumpulkan tiga medali perak Olimpiade pada 2008, 2012, dan 2016, dan tiga kali menjadi runner-up pada Kejuaraan Dunia (2011, 2013, 2015).

Lee yang telah selama 19 tahun berkarier di dunia bulu tangkis serta sempat menjadi peringkat satu dunia selama total 348 minggu tersebut memutuskan untuk menggantung raketnya karena menderita penyakit kanker.

Dalam unggahan di akun intagram miliknya, ia meminta maaf kepada seluruh rekan dan penggemarnya tentang keputusan terberat yang telah ia ambil ini. “Saya ingin meminta maaf sebab saya sudah tidak mampu lagi bermain badminton untuk negara dan anda semua,” tulisnya.

Lee menjelaskan bahwa keputusan tersebut ia ambil lantaran dokter yang menangani penyakitnya menyarankan untuk beristirahat karena berisiko tinggi jika ia tetap berlatih bulu tangkis secara intensif. 

“Doktor menasihatkan saya bahawa risiko kanser kembali agak tinggi sekiranya saya berlatih dengan intensiti seperti dulu,” tulisnya.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X