Jumat, 13 Desember 2019

Juara Grup, Timnas U-16 Melaju ke Perempat Final Piala AFC

- 27 September 2018, 15:50 WIB

KUALA LUMPUR, (PR).- Hasil imbang 0-0 atas India pada pertandingan terakhir fase Grup C Piala AFC U-16 2018, di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis, 27 September 2018, akhirnya membawa Indonesia ke babak berikutnya. Timnas ke perempat final dengan status juara grup.

Dengan hasil tersebut, maka total peroleh Indonesia di klasemen sementara Grup C adalah 5 poin dari tiga pertandingan di fase grup. Hasil yang sama pun juga diperoleh India. Namun, selisih gol Indonesia yang lebih baik dari India, membuat lawan skuad "Garuda Asia" tersebut hanya finis dengan status runner-up grup. 

Sementara di pertandingan lainnya, meskipun Iran menang besar 5-0 atas Vietnam, namun mereka masih kalah head to head dengan Indonesia dan India, hingga kedua tim itu pun tersingkir. Iran berakhir di peringkat ketiga klasemen Grup C dengan raihan 4 poin, sedangkan Vietnam menjadi juru kunci dengan hasil satu poin yang diperoleh saat menahan imbang Indonesia 1-1.

Meskipun hanya berakhir imbang, namun Pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini mengatakan rasa syukurnya. Hasil tersebut mereka persembahkan untuk para suporter Indonesia yang hadir di stadion maupun yang tidak hadir.

"Saya katakan kepada pemain bahwa kita hanya membutuhkan 360 menit saja. Waktu 270 menit telah kita lalu di pertandingan ini, tinggal 90 menit lagi dipertandingan berikutnya untuk bisa mencapai Piala Dunia," tuturnya dalam jumpa pers paska pertandingan. 

Dalam undian babak perempat final, Indonesia masuk ke pot 4 bersama tim-tim unggulan seperti Jepang dan Korea Utara. Hasil tersebut membuat Indonesia akan menghadapi runnerup Grup D.  Pertandingan Grup D sendiri baru akan berlangsung 28 September ini. Sementara puncak klasemen Grup D ini dipimpin oleh Korea Selatan, dan Australia sebagai runner-up.

"Bagus kita masuk ke pot empat. Itu motivasi kuat untuk menunjukkan bahwa kami tim yang diperhitungkan. Penting untuk memperlihatkan bahwa kami tim yang layak menang," ujarnya. 

Hasil ini menjadi pencapaian terbaik Indonesia dalam 28 tahun. Dimana terakhir Indonesia menciptakan hasil bagus di 1990 lalu.

"Tentu kami bangga dengan pencapaian ini. Tak mudah untuk mengulang sejarah 28 tahun lalu. Ini bagian perjalanan tim yang lebih baik kedepannya. Kami akan hadapi siapapun lawan yang menanti di babak berikutnya. Yang pasti kami yakin bisa menembus Piala Dunia. Meskipun nanti kami pun tidak menang, tapi masih sebagai nominasi pun bagi kami adalah suatu kebanggaan," ujar Fakhri. 


Halaman:

Editor: Wina Setyawatie

Tags

Komentar

Terkini

X