Sabtu, 30 Mei 2020

Indonesia Kembali Menambah Medali Emas Asian Games 2018 dari Paragliding

- 23 Agustus 2018, 09:17 WIB

CIBINONG, (PR).- Cabang olah aga paragliding kembali menambah pundi-pundi emas Indonesia di ajang Asian Games 2018. Setelah sukses di nomor ketepatan mendarat beregu putra, kini giliran nomor ketepatan mendarat individu putra yang menyumbangkan medali emas lewat Jafro Megawanto.

Jafro Megawanto meraih medali emas setelah mengumpulkan nilai total terkecil 27 pada pertandingan 10 babak yang berlangsung di Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor Kamis 23 Agustus 2018.

Selisih nilainya cukup jauh dengan pesaing utamanya asal Thailand Jirasak Witeetham yang menempati peringkat kedua dengan raihan 47 poin. Sementara itu, medali perunggu direbut penerjun Korea Lee Chulsoo dengan raihan poin 128.

Jafro Megawanto dan Jirasak mendominasi perlombaan sejak awal. namun, Jafro Megawanto lebih unggul karena mampu melewati 10 babak tanpa sekalipun mendapatkan poin akurasi melebihi tiga digit. Ketepatan akurasi mendaratnya yang terburuk ada di ronde ke 3 ketika dia mencatatkan poin 52.

Kendati lawan mampu mendapatkan poin akurasi terbaik di dua ronde terakhir, Jirasak sempat mendarat dengan poin akurasi buruk, 207. Hingga Jafro Megawanto terselamatkan.

Usai pertandingan, Jafro Megawanto bersyukur bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik karena sempat terlibat persaingan ketat hingga ronde kedelapan.

"Saya bersyukur bisa menyelesaikan ini karena memang lawan cukup menyulitkan. Lawan-lawan hari ini cukup bagus, hingga menegangkan. Saya juga dapat nilai jelek di pertengahan. Jadi, belum aman hingga akhir. Untungnya, cuaca mendukung hari ini sehingga tidak ada kendala," tuturnya.

Perunggu

Selain Jafro Megawanto, di nomor yang sama di kategori individu putri, Indonesia juga menghasilkan medali. Rika Wijayanti menyumbangkan medali perunggu setelah mencatatkan poin pendaratan terkecil ketiga, 120.

Medali Emas di nomor ini direbut Thailand melalui atletnya Nunnapat Phucong dengan total nilai 77. Sementara medali perak direbut penerjun Korea, Lee Da Gyeom dengan poin 98.

Halaman:

Editor: Wina Setyawatie


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X